Banner

Banner
Pemkab OKU

BPS : Asian Games Jadi Penyokong Peningkatan Pendapatan Masyarakat

baturajaradio.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel memprediksi pada triwulan III 2018 Indeks Tendensi Konsumen (ITK) akan mengalami penurunan ke angka 97,55 persen.

Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis BPS Sumsel, Tri Ratna Dewi mengatakan adanya perhelatan Asian Games yang digelar di Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September akan tetap menjadi penyokong peningkatan pendapatan masyarakat.

"ITK memang akan menurun namun di sisi lain perputaran uang yang tinggi pada sektor bisnis saat Asian Games juga akan berpengaruh terhadap kenaikan pendapatan masyarakat," ujarnya, Senin (06/08/2918).

Berdasarkan rilis BPS pada triwulan II ITK Sumsel berada di angka 125,06.

Peningkatan penerimaan pendapatan di masyarakat pada triwulan tersebut dipengaruhi oleh dua momen besar yakni ramadan dan lebaran.

Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawan, pencairan gaji ke-13, kenaikan tunjangan pegawai, serta tunjangan guru honorer turut mempengaruhi peningkatan pendapatan pada triwulan tersebut.


Tri menambahkan pendapatan masyarakat memang naik pada kurun waktu tersebut namun masyarakat masih belum merencanakan untuk melakukan belanja produk kebutuhan yang sifatnya jangka panjang  dan tahan lama maupun menyelenggarakan kegiatan yang memerlukan biaya lebih banyak.

"Selain itu masyarakat juga masih belum memiliki rencana untuk rekreasi dan melakukan kegiatan hajatan atau pesta  yang membutuhkan dana besar," katanya. 


(http://palembang.tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.