Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Warga Desa Pematang Danau Kesulitan Atasi Gangguan Hama Babi Hutan

Warga Desa Pematang Danau Kesulitan Atasi Gangguan Hama Babi Hutanbaturajaradio.com -Memasuki musim panen padi, warga Desa Pematang Danau, Kecamatan Sindang Danau, justru mengeluhkan gangguan yang dilakukan hama babi hutan yang kerap merusak persawahan milik petani setempat.

Serangan hama babi hutan yang sangat merugikan petani membuat petani setempat melakukan berbagai cara untuk menghilangkan hama tersebut.

Hama babi hutan merupakan kendala utama yang dikeluhkan petani pada saat menginjak musim panen di wilayah setempat.

Namun minimnya peralatan yang tersedia untuk menangkap hama babi hutan tersebut membuat warga terus-menerus merasakan gangguan hama babi hutan.

"Keluhan kita disini saat jelang panen tidak lain adalah hama babi hutan dan kita telah melakukan berbagai upaya agar hama babi hutan dapat teratasi," kata Agus saat dibincangi Sripoku.com, Minggu (22/7/2018).

Untuk mengurangi gangguan hama, hampir setiap pekannya warga memburu dan mengusir babi hutan dengan menggunakan peralatan seadanya, seperti hewan peliharaan anjing dan beberapa tombak.

Namun hama tersebut justru kerap kembali merusak tanaman milik petani.

"Kita kekurangan persedian untuk memburu babi hutan, seperti perangkap jaring (lapun) dan tombak," tutur Agus, salah seorang petani yang mengaku merasa dirugikan akibat gangguan hama babi.

Diungkapkan salah seorang lain petani yang juga penduduk setempat, Aslan, bahwa keluhan petani terkait hama babi hutan memang telah menahun, sehingga hasil panen yang didapat petani padi dan hasil bumi lainnya mengalami pengurangan.

"Kalau diganggu oleh gangguan hama babi sudah lama, kita berharap pemerintah terkait dapat membantu kita," harap Aslan.(http://palembang.tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.