Banner

Banner
Pemkab OKU

Dinkes OKU adakan Rapat Koordinasi Filariasis Tingkat Kabupaten OKU

Baturajaradio.com - Dinas Kesehatan OKU mengadakan  Rapat Koordinasi Filariasis Tingkat Kabupaten OKU bertempat di Ruang Rapat Abdi Praja Setda OKU, Senen ( 30/7/2018). Rapat ini di buka Bupati OKU  Drs. H. Kuryana Azis yang di wakili oleh Sekda OKU Dr Drs H Ahcmad Tarmkizi SE MT Msi.

Dalam sambutannya Sekda menyampaikan melalui kegiatan ini peserta diharapkan bisa menyampaikan kepada keluarga dan masyarakat sekitarnya tentang pentingnya pencegahan penyebaran penyakit filariasis. 

Sementara itu, Kepala Dinas kesehatan OKU  H. Husni Thamrin, SE, MM dalam sambutannya mengatakan salah satu upaya percepatan untuk mencapai eliminasii filariasis adalah dengan dilakukannya Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA).

" Diharapkan dengan pelaksanaan Pemberian Obat Pencegahan Massal ( POPM ) Filariasis secare serentak" ujar Husni.

Kabupaten OKU bukanlah daerah endemis filariasis tetapi sebagai antisifasi untuk mencegah penyebaran penyaket filaria. Husni juga mengatakan Bulan Eliminasi Kaki Gajah di mulai tahun 2015 sampai 2019, tahun ini adalah tahun ke 4 di Kabupaten OKU. Setiap tahun Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten selalu berusaha supaya sebanyak-banyaknya penduduk sasaran usia 2 tahun sampai  70 tahun bisa mendapatkan dan minum obat pencegahan filariasis.
Di tahun 2017 cakupan Pemberian Obat Pencegahan Massal Kabupaten OKU mencapai 95% di atas target nasional yaitu 65%. Husni berharap di tahun 2018 dan 2019 POPM filariasis di Kabupaten OKU bisa mencapai cakupan 100% penduduk sasaran.

" Pembiayean kegiatan POPM ini dibiayai oleh dana USAID perwakilan Indonesia dan dana sharing APBD OKU 2018" tambah Husni.

Rapat Koordinasi Filariasis ini di hadiri juge oleh Damdim OKU, Kapolres OKU, Kajari OKU, Ketua pengadilan OKU, Kepala Kanmenag OKU, Asisten sekda OKU, Perwakilan RTI Indonesia, Perwakelan WCC Propinsi Sumatera Selatan, Kepala Dinas dan Kantor Kabupaten OKU, Camat Sekabupaten OKU, seluruh Direktur Rumah sakit yang ada di Baturaja, Kepala Kantor Kementerian Agama OKU, Ketua IDI OKU, para camat sekabupaten OKU, dan seluruh kepala puskesmas di Kabupaten OKU serta undangan lainnya.

Selain itu juga di adekan penandatangan kesepakatan dukungan bersama dalam rangka Bulan Eleminasi Kaki Gajah di Kabupaten OKU.  Adepun kegiatan Bulan Eliminasi Kaki Gajah akan dilaksanakan serentak secara nasional termasuk di Kabupaten OKU pada bulan Oktober 2018.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.