Banner

Banner
Pemkab OKU

6 Tips Mengelola Waktu di Masa Pensiun

Baturajaradio.com - Banyak orang senang pensiun tetapi ada juga yang merasa takut saat pensiun. Sebenarnya, manfaat utama dari pensiun adalah Anda tidak perlu lagi berkejaran dengan waktu dan tugas.


Namun ada beberapa orang yang justru merasa tidak nyaman saat pensiun. Alasannya, di saat pensiun beberapa orang akan merasa kehilangan arah.

Ada yang tidak bisa mengingat waktu, Ada yang merasa tidak memiliki kewenangan lagi dan bingung harus melakukan apa.

Oleh karena itu, pensiun bukan berarti tidak memiliki jadwal. Banyak cara Anda tetap bisa merasa semangat meskipun sudah pensiun.

Dikutip dari US News, berikut ini adalah enam tips bisa mengelola waktu dengan baik saat sudah pensiun:

1. Buat Jadwal

Atur aktivitas Anda dengan baik setiap hari atau mungkin untuk permulaan di hari minggu saja. Mengatur aktivitas ini bukan seperti saat bekerja dari jam menuju jam berikutnya, tetapi lebih kepada apa yang harus Anda lakukan pada hari itu.

Contohnya Anda harus olah raga pada hari Selasa, lalu berikutnya Anda harus mengunjungi dokter pada hari rabu dan kemudian seterusnya.

Hal tersebut akan membuat Anda tidak merasa bosan dan bahkan semangat karena kadang ada hari-hari yang ditunggu untuk beraktivitas.

2. Buat Daftar

Bagi seorang perencana, membuat daftar menjadi hal yang harus dilakukan usai masuk masa pensiun. Namun bagi seorang yang bebas memang tidak perlu membuat rencana secara terperinci.

Nah, jika Anda pensiun bagi seorang perencana perlu mengendorkan sedikit urat nadi tetapi tidak langsung bebas. Caranya dengan tetap membuat daftar prioritas yang harus dilakukan.

Bagi seorang yang mengtukai kebebasan pun juga sama. Memilik daftar apa yang akan dilakukan mulai dari yang terpenting menjadi sesuatu hal yang menarik dan bisa menghindari kebosanan.

3. Jadilah Feksibel

Ilustrasi pensiun (iStock).


Anda mungkin tidak membutuhkan jadwal yang ditetapkan untuk bekerja atau yang harus dikerjakan sehari-hari. Anda juga bisa sedikit fleksibel dengan tidak menuntut harus selesai.

Misalnya Anda akan membersihkan garasi maka jika satu hari tidak selesai maka tidak perlu dipaksakan karena masih ada hari esok. Cobalah untuk bisa menyadari tidak perlu cepat jika memang Anda tidak ingin Anda melakukannya.

4. Belajar untuk Melambat

Banyak dari Anda merasa cemas tentang semua waktu luang yang kita hadapi dalam masa pensiun, jadi mengisi hari-hari dengan pekerjaan yang sibuk. Tetapi sibuk bekerja hanya makan waktu, tanpa menawarkan rasa kepuasan.

Setelah Anda menerima bahwa Anda tidak harus sibuk setiap menit setiap hari, Anda dapat berhenti memberikan tekanan pada diri sendiri dan mulai mencapai hal-hal yang ingin dlakukan dengan langkah sendiri.

5. Temukan Ritme

Anda orang pagi atau orang malam? Banyak orang bisa berpikir dengan baik di pagi hari, sehingga saat itulah mereka mengurus keuangan, menulis di jurnal mereka dan merencanakan liburan keluarga. Mereka meninggalkan pekerjaan rutin untuk sore dan malam hari.

Tetapi juga ada yang hanya bisa berkonsentrasi setelah matahari terbenam. Tidak masalah apa ritme harian Anda, hanya Anda yang menemukannya dan mengikutinya.

6. Batasi Waktu Menonton TV

Sangat mudah untuk membiarkan peralatan elektronik menyerap semua waktu Anda. Buatlah pilihan sadar tentang berapa banyak waktu untuk mencurahkan kegiatan pasif ini.

Anda harus segera keluar dari kebiasaan untuk memeriksa email dan Facebook atau menonton TV, sehingga Anda tidak jatuh ke dalam lubang dunia maya.
www.liputan6.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.