Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

RESEP AYAM ASAM MANIS NANAS UNTUK SAHUR

baturajaradio.com - Saat bulan puasa menjelang, banyak ibu yang mulai menyibukkan diri untuk berbelanja bahan pokok. Namun, seringkali mereka kesulitan untuk menentukan apa saja yang perlu dibeli, sebab, dibutuhkan rencana mengenai menu Ramadhan yang ingin dimasak, baik saat berbuka ataupun sahur. Tentu saja, meskipun ibu hobi masak, tentukan menu-menunya agar bisa lebih berhemat saat belanja menjelang bulan puasa.

Protein sangat penting bagi tubuh dan salah satu sumber terbaiknya yaitu daging ayam. Nutrisi ini lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh secara perlahan dan konstant. Dengan pengolahan yang tepat, sebaiknya menghindari untuk digoreng, tubuh akan mendapatkan asupan kebutuhan protein yang diminta terutama otot dan tulang sehingga Anda dapat terus bersemangat menjalani puasa. Nah, berikut ini resep ayam asam manis nanas yang dapat Anda coba di rumah sebagai menu sahur:

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk resep dari bahan ayam ini, yaitu:

§ 1 ekor ayam, potong menjadi 12 bagian

§ 1 sendok makan air perasan jeruk nipis

§ 2 buah cabai merah besar, buang bijinya kemudian dicincang kasar

§ 3 lembar daun jeruk yang telah dibuang tulangnya

§ 2 lembar daun salam

§ 1/2 sendok makan garam

§ 1/2 sendok teh gula pasir

§ 2 cm lengkuas kemudian dimemarkan

§ Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

§ 200 gram nanas yang telah dikupas dan dipotong membentuk segitiga

§ 2 sendok makan santan untuk menumis

§ 700 ml santan hasil perasan 1/2 butir kelapa

§ 1 batang serai yang kemudian dimemarkan

Untuk kebutuhan bumbu dalam resep ini, Anda perlu mempersiapkan:

§ 5 butir bawang merah

§ 2 siung bawang putih

§ 2 cm jahe

§ 3 butir kemiri, kemudian disangrai

§ 1/2 sendok teh ketumbar

Setelah menyiapkan segala bahan dan bumbu seperti di atas, Anda dapat mulai mengerjakan menu sahur spesial ini. Berikut ini resep pembuatan ayam asam manis nanas secara detail:

§ Persiapkan campuran perasan air jeruk nipis dan garam. Anda juga dapat menambahkan bawang halus apabila menginginkannya. Campuran ramuan tersebut untuk membaluri seluruh lapisan luar daging ayam yang telah dipotong dan diamkan kurang lebih selama 15 menit agar meresap.

§ Siapkan wajan dan panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng daging ayam

§ Goreng daging ayam yang sudah dibaluri air jeruk nipis dan garam tadi di atas api sedang sampai tekstur daging ayam tersebut berkulit. Angkat dan tiriskan.

§ Sekarang waktunya mengolah bumbu. Tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, dan ketumbar, serta tambahkan daun salam, daun jeruk, selai, lengkuas dan cabai merah hingga mengeluarkan aroma yang harum.

§ Tambahkan santan, gula pasir dan garam ke dalam tumisan bumbu. Kemudian, panaskan sampai mendidih.

§ Setelah kuahnya mendidih, Anda dapat memasukkan potongan nanas dan daging ayam goreng ke dalamnya. Masak semuanya sampai benar-benar meresap dan matang.

Menyantap menu ayam asam manis nanas bersama nasi putih yang hangat tentu menjadi pengalaman makan yang nikmat. Ditambah lagi dengan penggunaan bumbu-bumbu asli Indonesia, sangat wajar apabila masakan Anda akan menggugah selera. Untuk hasil yang lebih baik, pilihlah daging ayam yang benar-benar berkualitas. Luangkan waktu pula untuk menyiapkan bumbu segar dibandingkan menggunakan bumbu giling yang biasa dijual di pasar. Hal ini untuk menjaga cita rasa masakan yang dihasilkan.

Jadi Ibu, sudah siapkah untuk berkreasi di dapur untuk menyiapkan makanan sahur bagi keluarga? Resep di atas dapat dicoba untuk membuat menu sebanyak 6 porsi. Cukup lakukan modifikasi dengan menambah atau mengurangi bahan dan bumbu disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga.
https://resepmedia.com/resep-ayam-asam-manis-nanas-untuk-sahur.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.