Banner

Banner
Pemkab OKU

15 Kegunaan Minuman Soda yang Tak Terduga, Antara Mengerikan atau Menguntungkan?

Baturaja Radio  Minuman soda memang bukan minuman yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Popularitasnya masih di bawah minuman semacam es kelapa muda atau es teh. Namun sejatinya minuman ini dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Meski bukan merupakan budaya orang Indonesia untuk mengonsumsi minuman soda setiap hari, perlu kamu tahu bahwa minuman ini mengandung banyak sekali gula, pengawet, bahan yang bersifat asam dan korosif (pengikis)

Nah, untuk memberimu gambaran mengenai zat-zat yang terkandung dalam minuman soda, khususnya Coca-Cola, Hipwee Tips punya informasi tentang kegunaannya selain untuk diminum. Siapa tahu bisa kamu manfaatkan?

1. Minuman soda ini jago banget membersihkan peralatan masak, terutama dengan noda membandel dan karat yang susah hilang

Rendam sebentar daging ke dalamnya sebelum dimasak. Atau, kamu juga bisa mencampurkan sedikit minuman bersoda dengan kecap untuk memberikan rasa manis yang unik pada masakan daging.

3. Tuang minuman berperisa kola ini di sebuah wadah untuk menarik lalat dan serangga lain, makananmu nggak dikerubutin lagi, deh!

Tuangkan ke dalam mangkuk, lalu letakkan di sisi meja yang akan kamu gunakan untuk menaruh makanan. Biarkan selama sekitar satu jam. Lihat, lalat dan serangga lainnya akan mengerubuti karena tertarik dengan aroma dan rasa manisnya.

4. Ampuh membasmi hama dengan kandungan asamnya yang kuat, tanamanmu akan tumbuh subur tanpa hama

Tuangkan ke mangkuk kecil dan letakkan di dekat tanaman. Hama akan tertarik pada baunya dan asam di dalam minuman kola ini akan membuatnya mati tak berdaya.

5. Selain membersihkan karat, juga mampu melonggarkan baut yang berkarat

Siramkan pada baut yang berkarat, tunggu beberapa menit, kemudian usap-usap. Baut yang berkarat akan tampak seperti baru lagi.

6. Jika kamu tersengat ubur-ubur, minuman bersoda bisa membantu meredakan nyerinya

Saat kamu tersengat ubur-ubur, segera siramkan minuman bersoda di daerah yang tersengat. Meski agak perih sebentar, nyerinya akan reda perlahan.

7. Kesal dengan bekas oli atau minyak? Tuangkan minuman kola di atasnya lalu bi

Tuangkan pada noda oli atau minyak yang menempel di lantai, tunggu sebentar, kemudian bilas dengan selang air, lanjutkan dengan menggosoknya.

8. Butuh pembersih kaca? Cukup gunakan Coca-Cola sebagai pembersih kaca serbaguna

Masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan ke kaca yang akan dibersihkan lalu lap seperti biasa.

9. Bagian dalam kloset juga bisa dibersihkan dengan minuman ini, bisa digunakan sebagai bahan alternatif

Tuangkan ke dalam kloset lalu diamkan sebentar hingga semua kotoran yang menempel di mangkuk toilet terkikis. Lanjutkan dengan menggosok dan membilasnya.

10. Kolektor koin bisa pakai ini juga untuk menjadikan koin-koinnya bersinar lagi, jadi makin sayang ‘kan sama barang koleksinya?

Koin semakin lama semakin hitam. Gosok koin dengan kain yang telah dibasahi menggunakan minuman bersoda ini selama sekitar 10 menit, koin akan kembali bersinar seperti semula.

11. Kamu yang suka berkebun, bisa lho digunakan untuk mempercepat proses penguraian bahan pupuk kompos

Tuangkan ke dalam campuran pupuk kompos. Adonan ini akan cepat mengurai dan bisa lebih cepat kamu gunakan untuk menyuburkan tanamanmu.

12. Minuman kola ini adalah solusi menghilangkan permen karet dari rambut tanpa harus memotong rambutmu

Basahi bagian rambut yang terkena permen karet selama beberapa menit. Bahan kimia yang terkandung di dalamnya akan melarutkan karet dan memudahkannya untuk dilepaskan dari rambutmu.

13. Gas yang ditimbulkan oleh minuman bersoda bisa jadi alternatif untuk menyembuhkan cegukan. Begini caranya…

Kamu hanya perlu berkumur menggunakan minuman soda beberapa kali. Uap atau gas akan masuk ke dalam tenggorokan dan membantu mengeluarkan udara yang terjebak dan menyembuhakn cegukanmu.

14. Ternyata bisa juga menyuburkan jenis tanaman tertentu, seperti Gardenia dan Azalea

Kedua jenis tanaman ini menyukai nutrisi yang terkandung dalam minuman kola. Tuangkan sedikit, jangan terlalu banyak, karena asam di dalamnya bisa membahayakan.

15. Hanya untuk darurat saja, minuman soda bisa membantu menghilangkan semir rambut sementara

Basahi rambut, kemudian tuang minuman soda tanpa gula ke rambutmu. Biarkan sodanya bekerja selama beberapa menit kemudian cuci rambut seperti biasa. Semir rambut sementaramu akan luntur dengan sendirinya.
Setelah kamu mengetahui bahwa minuman ini nggak hanya bisa dimanfaatkan sebagai minuman bersoda yang biasa dikonsumsi, bagaimana pendapatmu?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.