Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Rekor Lagi, Listrik Padam Semalaman Sampai Siang, Penyebabnya Ini

baturajaradio.com -Pemadaman listrik kembali terjadi di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), dengan durasi pemadaman cukup panjang. Yakni sejak tadi (2/5) malam, hingga siang tadi (3/5). Akibatnya banyak aktivitas terbengkalai hingga lumpuh total.

Sebagian warga di Baturaja ibukota Kabupaten OKU, seperti halnya warga yang bermukim di kawasan Karang Sari dan sekitarnya, terpaksa tidur dalam kegelapan dan berpanas-panasan. Penyebabnya itu tadi, padamnya listrik mulai sekitar pukul 21.00 wib, dan baru menyala siang tadi.

Warga kesal dan bertanya-tanya, kenapa listrik padam semalaman bahkan sampai siang baru menyala. Apalagi, hal demikian bukan kali pertama terjadi. Sumpah serapah kembali bermunculan di media sosial (medsos).

Lalu apa sesungguhnya yang terjadi? RMOLSumsel dan beberapa awak media lainnya berhasil menemui Manager PLN rayon Baturaja area Lahat, Edwardus, di lokasi trouble yang sedang diperbaiki di wilayah Kemelak, samping kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) OKU, Kamis (3/5).

Menurut Edwardus, penyebab padamnya listrik di sebagian wilayah kota Baturaja ini lantaran adanya arrester (alat pelindung bagi peralatan system tenaga listrik terhadap surya petir), yang jebol. 

Hanya saja, pihaknya mengaku kesulitan mendeteksi arrester mana yang jebol itu. Sebab, ada delapan gardu di sepanjang jalur yang mengalami trouble itu.

Kenapa padamnya bermalaman? karena kami mencari sumber gangguannya. Kalau bisa dicoba dan meledak, itu kan ketahuan. Artinya kita tahu posisi kerusakannya. Namun ini tidak kelihatan. Apakah bocor atau meledak, dak ketahuan. Kalau malam, tidak bisa diukur. Hasilnya, pasti sero pasti karena udaranya lembab. Jadi terpaksa dilakukan siang ini, dan baru bisa ketemu,” jelas dia.

Nah, karena tidak bisa terdeteksi, maka pihaknya mengambil solusi dengan memutus dua arrester. 

"Ini tidak bisa ditebak, makanya kami potong saja dua (arrester) diantara delapan gardu itu. Artinya kami amankan dulu. Yang penting seluruhnya bisa beroperasi,” jelasnya.

Akibat adanya arrester yang disebut Edwardus mengalami bocor halus itu, mengakibatkan padamnya listrik yang terjadi semalam hingga siang tadi di sepanjang jalur VIP. Yakni kawasan Kemelak Pemda, Karang Sari, Unbara, Kemiling, RS Holindo dan Sukaraya. 

"Ya ini termasuk jalur VIP, makanya semua personil kita terjunkan,” imbuh dia.

Selain itu, di beberapa belahan kawasan Baturaja lainnya, juga mengalami pemadaman serupa dengan trouble yang berbeda. Diantaranya, ada trouble di Sukajadi depan Redante, kemudian wilayah Kebun Jati dan Simpang Air Gading.

Tapi, masalah disana selesai malam tadi juga, sehingga wilayah itu langsung menyala ketika masalahnya kita temukan,” katanya. (http://www.rmolsumsel.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.