Banner

Banner
Pemkab OKU

Disperindag OKU gelar operasi pasar beras

baturajaradio.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, terus melaksanakan operasi pasar menjual beras murah kualitas medium dengan harga Rp9.000 per kilogram guna memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah itu.

"Operasi pasar beras murah ini kami laksanakan sejak awal Januari 2018," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Ogan Komering Ulu (OKU) Dharmawan Irianto di Baturaja, Jumat.

Dharmawan mengatakan, operasi pasar tersebut dilakukan guna mengantisipasi lonjakan harga beras di pasaran sekaligus sebagai upaya untuk menstabilkan harganya agar kembali normal.

Dia mengungkapkan, operasi pasar itu digelar di kawasan Pasar Baru dan Pasar Atas dengan melibatkan pihak Bulog Subdivre III OKU selaku penyuplai beras dan dari kepolisian untuk pengamanannya.

"Ada enam toko di kawasan dua pasar tersebut kita ajak kerjasama untuk menitipkan beras murah yang disuplai dari Bulog OKU dengan harga jualnya hanya Rp9.000 per kilogram kualitas standar medium," ungkapnya.

Untuk itu, kata dia, bagi masyarakat atau konsumen di Kabupaten OKU membutuhkan beras kualitas medium dengan harga terjangkau bisa mendatangi langsung toko yang ditunjuk menjadi mitra dalam operasi pasar.

"Pihak toko sudah kami berikan penjelasan untuk tidak menaikan harga. Setiap toko dititipkan sekitar 100 kilogram beras medium dan jika habis tinggal meminta lagi ke bulog. Intinya stok berasnya aman selalu tersedia," ujarnya.

Dia mengemukakan, kegiatan yang dilakukan itu merupakan instruksi dari pemerintah pusat sebagai upaya menanggulangi kerawanan pangan dan indikasi adanya kenaikan harga beras akibat kelangkaan ketersediaan pasokan di pasaran.

Namun untuk persediaan beras murah di Kabupaten OKU, Dharmawan memastikan pasokan dipasaran sangat banyak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di tiga kabupaten yaitu OKU, OKU Timur dan OKU Selatan

"Sampai saat ini jumlah pasokan beras kualitas medium yang kita jual mencapai 90 ribu ton beras tersedia di gudang Bulog OKU," kata dia.

(https://sumsel.antaranews.com/berita/329311/disperindag-oku-gelar-operasi-pasar-beras)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.