Banner

Banner
Pemkab OKU

10 Tips Cara Memakai Make Up yang Benar di Wajah

baturajaradio.com - Wanita tentu selalu ingin tampil cantik dan segar setiap saat. Nah, make up akan membantu wanita terlihat lebih menarik dan segar. Namun, tidak semua wanita pandai menggunakan riasan wajah. Beberapa di antara mereka memilih tampil polos tanpa make up karena tidak mengerti cara memakai make up yang benar. Untuk mempelajari cara memakai make up yang benar, sebenarnya Anda tidak perlu membuang banyak uang untuk kursus, kecuali Anda memang ingin mempelajari teknik make up yang sempurna. Make up sederhana untuk sehari-hari bisa dipelajari dengan mudah. Bahkan, Anda pun bisa mengaplikasikan riasan wajah untuk ke pesta tanpa perlu mengikuti kursus tertentu. Berikut ini Bacaterus akan membagikan panduan cara memakai make up sederhana yang tepat. 

10 Tips Cara Memakai Make Up yang Benar di Wajah 

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu 

Agar riasan dapat melekat sempurna di wajah Anda, sebaiknya bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan make up. Anda dapat mencuci muka dengan sabun wajah hingga bersih, lalu mengeringkannya dengan handuk kering. Di samping itu, Anda pun dapat memakai cleanser untuk membersihkan kotoran dan minyak di wajah. Jika perlu, gunakan kertas penyerap minyak sebelum Anda mengaplikasikan cleanser. Untuk membuat wajah terasa segar sebelum dirias, jangan lupa untuk mengusapkan face toner ke wajah yang sudah bersih. 

2. Pakai Foundation Secara Merata 

Foundation atau alas bedak harus dipakai lebih awal sebelum Anda menggunakan kosmetik lainnya. Apapun jenis foundation yang Anda gunakan, segera aplikasikan secara merata sebelum Anda menggunakan bedak atau concealer. Pilih foundation yang cocok dengan warna kulit Anda. Usapkan foundation ke seluruh wajah dan leher. Usapkan tipis-tipis saja, karena terlalu tebal akan menimbulkan kesan menor mengingat di sini Anda hanya akan menggunakan make up sederhana bukan make up untuk ke pesta. 

3. Manfaatkan Concealer untuk Menutupi Ketidaksempurnaan 

Setelah menggunakan foundation di seluruh bagian wajah, kini tiba saatnya untuk menutupi ketidaksempurnaan pada wajah. Foundation hanya mampu sedikit menyamarkan ketidaksempurnaan, seperti jerawat, flek hitam, kantong mata, atau kerutan halus. Akan tetapi, foundation tidak dapat menutupinya secara optimal. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan concealer untuk menutupi ketidaksempurnaan di beberapa bagian wajah. Hindari menggunakan concealer sebelum foundation, karena concealer akan terhapus apabila terkena foundation. Silahkan simak cara menggunakan concealer yang benar di artikel ini. 

4. Gunakan Bedak Wajah yang Senada dengan Warna Kulit 

Bedak adalah kosmetik dasar yang dimiliki oleh sebagian besar wanita. Cara memakai make up yang benar ini juga tergantung pada cara Anda mengaplikasikan bedak pada wajah. Selalu gunakan spon khusus bedak wajah untuk meratakan bedak. Hindari penggunaan jari atau tangan saat mengaplikasikan bedak, karena bedak tidak akan merata dengan baik. Gunakan bedak tipis-tipis saja agar Anda tidak terlalu terlihat putih. Selain mengaplikasikan bedak ke seluruh bagian wajah, aplikasikan bedak tersebut di bagian leher agar warna kulit Anda lebih terlihat merata. 

5. Gambar Alis dari Luar ke Dalam 

Harus kami akui bahwa sebagian besar wanita cenderung memiliki kebiasaan menggambar alis dari dalam ke luar. Padahal, cara menggambar alis yang benar adalah memulainya dari luar lalu ke dalam. Pasalnya, alis membutuhkan definisi yang tegas di bagian ujungnya, jadi alangkah lebih baik jika Anda menggambar alis dari luar ke dalam. Pilih bentuk alis yang cocok dengan wajah Anda. Alis yang bagus sebaiknya tidak terlalu tebal, karena alis yang terlalu tebal akan nampak mirip dengan ulat bulu atau rumput laut. Di pasaran terdapat produk pensil alis dengan pilihan warna yang beragam. Jika Anda ingin menggunakan pensil alis untuk tampil casual sehari-hari, sebaiknya pilih pensil alis berwarna coklat tua yang nantinya akan terlihat lebih natural. 

6. Kombinasikan Dua Warna Eye Shadow 

Agar kelopak mata tampak lebih segar, kombinasikan dua warna eyes shadow pada kedua kelopak mata Anda. Misalnya, kombinasikan eye shadow warna biru tua dengan hijau muda. Tips saat menggunakan eye shadow adalah selalu gunakan kuas atau spon khusus eye shadow, bukan menggunakan jari tangan. Jika ingin warna yang netral, Anda dapat menggunakan eye shadow coklat, hitam, putih, atau abu-abu. Di samping itu, padukan warna eye shadow Anda dengan warna pakaian atau lipstik Anda. 

7. Tambahkan Eyeliner pada Kelopak Mata 

Eyeliner akan mempertegas bentuk mata Anda. Selain itu, eyeliner juga akan mempertajam riasan wajah Anda. Untuk pemula, Anda bisa menggunakan eyeliner pensil, tapi jika Anda sudah cukup mahir untuk memakai eyeliner cair maka Anda bisa memakainya. Mulailah menggunakan eyeliner dari ujung kelopak mata bagian dalam (dekat hidung), lalu tarik perlahan hingga di ujung kelopak mata bagian luar. Bila Anda ingin memakai eyeliner ala Korea, Anda bisa menarik ujung garis eyeliner di bagian luar sedikit. Sementara itu, pada bagian bawah mata gunakanlah eyeliner pensil. Caranya adalah tarik garis pada bagian bawah mata secukupnya, jangan terlalu tebal jika Anda tidak ingin terlihat gothic. 

8. Gunakan Bulu Mata dan Mascara 

Pertama, pilih bulu mata yang tidak terlalu panjang dan lebat, karena saat ini Anda akan merias wajah dengan natural. Potong ujung bulu mata agar tidak menusuk ke mata. Kemudian oleskan lem bulu mata di bulu mata palsu, bukan di kelopak mata Anda. Rekatkan bulu mata tersebut dan diamkan selama 1 menit. Jika Anda merasa percaya diri dengan bulu mata asli, Anda hanya perlu menjepit bulu mata asli agar lebih lentik dan mengapliksian mascara. 

9. Pertegas Tulang Pipi dengan Blush On 

Blush on tidak hanya diciptakan untuk mewarnai pipi saja, lho, tapi juga untuk mempertegas tulang pipi. Cara menggunakan make up yang benar, khususnya dalam memakai blush on, pada pipi adalah untuk wajah oval usapkan blush on di bagian tulang pipi yang tertinggi, sedangkan pemilik wajah bulat bisa mengaplikasikan blush on dari tulang pipi bagian bawah ke atas. Untuk tampilan make up yang natural, gunakan blush on berwarna pink, orange, dan merah bata. 

10. Warnai Bibir dengan Lipstik 

Terakhir, warnai bibir Anda dengan lipstik. Ada berbagai jenis lipstik yang bisa Anda pilih sesuka hati. Anda bisa memilih jenis dan warna lipstik sesuai dengan kehendak Anda. Sedikit saran, apabila Anda menginginkan lipstik yang lebih lama dan tidak mudah luntur selama berjam-jam, pilih lipstik jenis matte. Sangat penting untuk mengetahui cara menggunakan make up yang benar, mengingat make up akan membuat penampilan Anda menjadi lebih berbeda dan tampak lebih segar. (bacaterus.com)

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.