Header Ads

Ubah Cara Pandang Masyarakat Terhadap Sampah, Begini Caranya

Baturajaradio.com - Menciptakaan kesadaran masyarakat dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup terus dilakukan oleh Lembaga Lingkungan Hidup (LLH) Jejak Indonesia kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Bekerjasama dengan JOB Pertamina Jadestone (OK) LTD, Jejak Indonesia menggelar kegiatan kampanye dan pelatihan lingkungan hidup yang dilaksanakan di SMP Negeri 29 Desa Makartitama SP 5 Kecamatan Peninjauan dan lokasi Bank Sampah Desa Makartitama.
Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dibuka oleh Field Manager JOB Pertamina - Jadestone (OK) Ltd Djodi Kusuma. Yang dihadiri oleh kepala desa Makartitama, Wagiso, kepala SMP N 29 Fitrawan, ketua Jejak Indonesia Hendra A. Setyawan, para siswa SMP N 29 OKU dan tamu undangan lainnya.
Ketya sekaligus pendiri LLH Jejak Indonesia, Hendra A. Setyawan dibincangi portal ini mengatakan, kegiatan kampanye hijau dan pelatihan lingkungan hidup ini merupakan salah satu upaya untuk mengajak peran serta pelajar dan masyarakat dalam menumbuhkan kepedulian lingkungan lingkungan hidup.
Selanjutnya kata Hendra, hal ini juga untuk merubah cara pandang dan perilaku masyarakat terhadap sampah, dimana dahulu sampah dijauhi atau dimusuhi, namun sekarang didekati dengan mengolah dan memanfaatkannya agar bisa menjadi salah satu produk yang bermanfaat dan tepat guna yang mampu menghasilkan nilai ekonimis.
“Banyak hal yang bisa kita lakukan terhadap pelestarian lingkungan, selain menjaga bumi agar tetap hijau dengan menanam pohon, Bank Sampah juga menjadi salah satu solusi positif untuk menjaga lingkungan, sampah ini bisa diolah kembali, misalnya sampah yang bisa diurai bisa dijadikan pupuk kompos, atau sampah plastik bisa diolah menjadi prodak lainnya” tuturnya.
Selaku pencinta dan pelestari lingkungan, Hendra Pribadi dan LLH Jejak sangat mengapresiasi dengan apa yaang telah dilakukan masyarakat desa makartitama yang telah memiliki bank sampah, yang didukung oleh JOB Pertamina - Jadestone (OK) Ltd.
“Kita sangat apresiasi dan mudah-mudahan ini juga menjadi contoh bagi desa dan daerah lain” tandasnya.
Sementara itu, sebagai salah seorang pemateri, Field Manager JOB Pertamina - Jadestone (OK) Ltd Djodi Kusuma mengatakan, pentingnya untuk menjaga pelestarian lingkungan hidup yang ada, untuk itu ia mengajak peran serta masyarakat sebagai kader kader yang peduli untuk menjaga merawat dan melestarikan lingkungan seperti menjaga tanaman yang telah ditanam pada kegiatan tersebut.
Dalam materinya Djodi juga menyampaikan mengenai Pengelolaan industri Migas yang dilaksanakan JOB Pertamina - Jadestone (OK) Ltd serta pentingnya pelestarian lingkungan hidup.
Materi lainnya Etika Lingkungan Hidup dan Konservasi Sumber Daya Alam Hayati.
Selain materi tersebut juga disampaikan materi pelatihan manajemen bank sampah, praktek pembuatan kompos dan pupuk cair dilaksanakan langsung di Bank Sampah Desa Makartitama diikuti oleh pengurus Bank Sampah dengan pemateri Ibnu Hajar dari LLH Jejak Indonesia.(sumsel.tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.