Header Ads

7 Tips menata kebun pribadi


Baturajaradio.com - Berkebun merupakan salah satu hobi yang cocok dilakukan oleh pria maupun wanita di berbagai usia. Memiliki tatanan kebun yang apik juga selalu menjadi bahasan yang menarik untuk disimak.

Bagi Anda yang gemar berkebun dan memiliki lahan yang cukup luas, Anda bisa mempercantik kebun Anda dengan beberapa tips yang dikutip dari All Women Stalkberikut ini.

Menyingkirkan rumput liar dengan mulsa

Mulsa adalah material penutup tanaman yang berfungsi untuk menjaga kelembapan tanah dan menekan pertumbuhan rumput liar. Anda bisa mendapatkan mulsa dari toko berkebun. Sebelum mengaplikasikan mulsa, Anda bisa menutup lahan pada baris kosong antar tanaman dengan robekan kecil-kecil koran bekas.

Pagar juga bisa dijadikan hiasan
Memagari area kebun biasanya berfungsi untuk melindungi tanaman di dalamnya dari hewan atau tangan jahil manusia. Namun tidak ada salahnya mendesain pagar dengan ukuran yang lebih lebar dan menanam beberapa tanaman rambat yang dijuntaikan ke sekeliling pagar.

Membuat kolam kecil di tengah taman
Pernah melihat shishi-odoshi, hiasan air mancur dalam kolam ikan ala Jepang yang terbuat dari bambu? Tidak ada salahnya Anda mencoba untuk mengaplikasikannya di kebun pribadi Anda. Membuat kolam ikan kecil di tengah kebun dengan air mancur juga mampu memberi kesan suasana yang rileks dan nyaman. 

Tutup lubang dengan gundukan tanah
Sebelum berkebun, pastikan lahan Anda berada pada keadaan sama datarnya. Jangan terburu-buru membeli tanah untuk menutup lubang yang yang ada di lahan Anda. Berkeliling di sekitar rumah mungkin dapat membantu Anda untuk menemukan beberapa area dengan gundukan tanah. Anda pun bisa mengambil beberapa bagian tanah tersebut untuk ditutup di lahan yang berlubang.

Menanam tanaman yang awet di sepanjang tahun
Setelah bunga-bunga di kebun Anda bermekaran, maka tidak akan ada pemandangan lain selain warna hijau di kebun Anda. Cobalah untuk menanam beberapa semak-semak cemara. Tanaman tersebut membuat kebun Anda tetap kelihatan "berisi" meski tidak ada bunga lagi yang bermekaran.

Membiarkan beberapa rumput liar tumbuh
Anda bisa bereksperimen untuk membiarkan rumput liar tumbuh di kebun Anda. Namun ingat, jangan sampai rumput liar menjadi dominasi tanaman di kebun. Jika tidak menyukai ide ini, Anda bisa juga menanam tanaman bukan bunga untuk mempercantik tatanan kebun, seperti lumut, semak cemara, dan pakis.

Jangan sampai boros
Terkadang hobi membuat seseorang menjadi lupa diri dan rela merogoh kocek yang cukup dalam demi hobinya tersebut. Anda mungkin juga akan menghabiskan uang untuk membeli tanaman baru atau perawatan lainnya. Akan tetapi tetap berhati-hati dalam mengatur keuangan dan jangan sampai boros. Anda pasti memiliki kebutuhan primer lain yang lebih penting daripada mengeluarkan uang besar-besaran demi berkebun.

Semoga tips ini bermanfaat,selamat mencoba..

(https://www.merdeka.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.