Header Ads

Sering Menunda Pekerjaan, Tanda Gangguan Mental?

Baturajaradio.comApa yang Anda lakukan saat tiba di kantor? Apakah langsung bekerja? Atau malah mengobrol dengan rekan kerja sambil mengecek media sosial pribadi lantaran malas? Rasa malas memang kerap muncul saat menghadapi pekerjaan yang menumpuk di depan mata. Namun bila sering menunda pekerjaan, Anda mungkin saja mengalami gangguan mental.
Hampir semua orang pasti pernah menunda mengerjakan sesuatu. Misalnya, menunda membereskan kamar dengan alasan malas dan ingin santai di hari libur. Pada kondisi tertentu, hal tersebut memang wajar dan tidak akan berdampak besar bagi hidup Anda.
Namun peneliti di Icahn School of Medicine at Mount Sinai, New York, menyebutkan bahwa terus-menerus menunda pekerjaan dapat berdampak secara signifikan terhadap hidup Anda. Kebiasaan tersebut dapat menurunkan kinerja Anda di tempat kerja maupun menurunkan prestasi anak di sekolah. Selain itu kebiasaan ini ternyata juga bisa memengaruhi hubungan dengan orang lain dan kualitas hidup seseorang. Bahkan jika berlangsung kronis, bisa jadi kebiasaan menunda pekerjaan disebabkan oleh  gangguan mental.
Terdapat beberapa gangguan mental yang bisa menyebabkan seseorang gemar menunda pekerjaan. Salah satunya adalah depresi. Depresi dapat memberikan gejala perasaan putus asa dan tidak berenergi, sehingga malas untuk memulai atau menyelesaikan pekerjaan tertentu.
Ketika mengalami depresi, Anda cenderung malas melakukan kegiatan atau pekerjaan, bahkan aktivitas sederhana seperti mandi atau makan. Jika dibiarkan, maka depresi bisa berlangsung kronis dan dapat berujung pada bunuh diri.
Gangguan lain seperti attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) juga dapat membuat seseorang gemar menunda pekerjaan. Orang yang mengalami ADHD biasanya cenderung impulsif, sulit fokus, pikirannya mudah teralihkan, sulit mengorganisir sesuatu, dan pekerjaan terbengkalai.
Seseorang dengan obsessive-compulsive disorder (OCD) juga sering menunda pekerjaan. Seorang dengan OCD biasanya akan melakukan aktivitas tertentu secara berulang-ulang, sehingga pekerjaan yang lain terbengkalai atau tertunda. Misalnya, mencuci tangan secara terus-menerus.
Jadi, jangan anggap sepele kebiasaan menunda pekerjaan. Jika memang memiliki kebiasaan buruk itu, Anda perlu mencari tahu penyebabnya. Sebab, kebiasaan tersebut dapat berakibat negatif pada hidup Anda. (klikdokter.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.