Header Ads

17 Manfaat dan Khasiat Coklat Hangat untuk Kesehatan

Baturajaradio.com - Coklat hangat merupakan minuman panas yang di buat dari cokelat dengan air atau susu hangat. Minuman ini sangat di sukai banyak orang terutama untuk anak-anak karena memiliki rasa yang lezat serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.
Dibalik itu semua minuman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh serta banyak terdapat kandungan gizinya. Kandungan yang terdapat dari minuman ini yang meliputi kandungan karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, kalium, kalsium, magnesium, zat besi, kafein dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut dipercaya memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh. Lalu apa saja manfaat dan khasiat coklat hangat untuk kesehatan, berikut ini informasinya.

1. Meningkatkan kekuatan otak

Khasiat coklat hangat yang peBeberapa pakar kesehatan mengemukakan bahwa minuman coklat hangat mampu meningkatkan kekuatan otak dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan. Kandungan flavonoid yang terkandung di dalam minuman ini juga mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Hal ini akan membantu kita untuk berfikir lebih baik.

2. Meningkatkan suasana hati

Minuman coklat hangat merupakan penguat suasana hati yang sangat ampuh. Minuman lezat ini dapat melawan stres, kecemasan. Hal ini dikarenakan minuman ini mampu untuk merangsang pelepasan endorfin yang membantu untuk meningkatkan mood. Selain itu minuman ini juga mampu untuk membuat merasa lebih bahagia. Namun tidak di anjurkan untuk menambahkan gula secara berlebihan ke dalam minuman ini karena dapat membahayakan kesehatan.
3. Mengurangi berat badan
Bukan hanya mampu meningkatkan suasana hati minuman ini juga mampu untuk menurunkan berat badan. Minuman coklat hangat mampu memberikan kalori yang cukup yang di butuhkan oleh tubuh untuk bisa tetap aktif. Hal ini tentu akan mengurangi kebutuhan tubuh untuk mengonsumsi makanan tambah.
4.Menurunkan tekanan darah
Kandungan flavonoid yang terkandung di dalam minuman ini merupakan antioksidan. Antioksidan berperan untuk menurunkan tekanan darah dengan memproduksi oksida nitrat. Hal ini tentu akan menyeimbangkan hormon dalam tubuh.
5. Baik untuk kesehatan jantung
Suatu penelitian pernah mengatakan bahwa jika kita meminum coklat hangat , meskipun hanya dua atau tiga kali setiap minggu, maka tekanan darah kita akan menurun. Minuman ini dapat meningkatkan aliran darah dan membantu mencegah pembentukan gumpalan darah. Selain itu, minuman ini juga dapat mencegah pengerasan pembuluh darah
6. Kaya akan antioksidan
Coklat yang menjadi bahan utama minuman ini merupakan salah satu makanan yang kaya akan antioksidan. Salah satu Manfaat antioksidan adalah untuk membantu membebaskan tubuh dari radikal bebas yang merupakan penyebab utama kerusakan oksidatif pada sel. Selain itu, radikal bebas juga dapat menyebabkan penuaan dan kanker. Jadi, kandungan coklat yang kaya akan oksidasi dapat melindungi kita dari berbagai jenis kanker dan memperlambat tanda-tanda penuaan.
7. Menghambat penuaan
Keuntungan lain dari mengkonsumsi minuman ini adalah membantu dalam menghambat penuaan. Hal ini dapat menghambat kerutan prematur atau garis yang menunjukkan penuaan di wajah. Minuman coklat hangat mengandung antioksidan alami untuk menundanya.
8. Meningkatkan produksi insulin alami
Dengan mengonsumsi minuman ini secara rutin dapat meningkatkan produksi insulin secara alami. Hal ini tentu akan membantu dalam penurunan risiko terkena diabetes. Mengkonsumsi minuman ini secara rutin juga dapat membuat kita untuk mendapatkan energi tambahan untuk beraktifitas kembali. Namun tidak di anjurkan untuk mengonsumsi secara berlebihan.
9. Menghaluskan kulit
Kandungan yang terkandung di dalam minuman ini juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar UV, menjaga kelembapan kikit dan menjaganya untuk tetap bersinar. Selain itu minuman ini juga membantu mempertahankan elastisitas kulit dan meremajakan sel-sel kulit. Oleh karena itu kita mampu terhindar dari bintik-bintik hitam, dan kulit kasar.
10. Meningkatkan kesehatan mata
Kandungan vitamin yang terkandung di dalam minuman ini sangat berperan untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu minuman ini juga mampu untuk meningkatkan kesehatan mata sehingga membuat kita terhindar dari penyakit yang mengenai mata seperti kebutaan dan katarak.
Selain 10 manfaat dan khasiat coklat hangat untuk kesehatan, ada 6 lagi manfaat lainnya dari minuman ini yang perlu anda ketahui, Berikut ini manfaatnya.
7 Manfaat dan Khasiat Coklat Hangat Lainnya :
11. Menurunkan kolesterol tinggi
12. Sebagai anti depresi
13. Menghindari kelelahan kronis
14. Mengurangi risiko terkena serangan jantung
15. Mengatasi diare
16. Menyehatkan gigi dan menjaga kebersihan gigi
17. Mengurangi risiko kanker
Diatas itulah 17 manfaat dan khasiat coklat hangat untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui. Semoga khasiat minuman ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam menjaga kesehatan anda, serta pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan anda di masa depan nanti.(khasiat.co.id)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.