Header Ads

OKU AMAN KARHUTLA, YANG JADI PERHATIAN JUSTRU KEBAKARAN BANGUNAN

Baturaja Radio Meningkatkan kinerja dalam penanggulangan kebakaran, Dinas Penanggulangan Bencana Kebakaran dan Penyelamatan (DPBKP) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menargetkan memenuhi kebutuhan kendaraan pemadam kebakaran (damkar) di tiap kecamatan pada 2018.

Kepala Dinas PBKP Kabupaten OKU melalui Seketaris Dinas Alfarizi menjelaskan, saat ini dua kecamatan yang menjadi perhatian pihaknya.  Yaitu Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya (KPR) dan Kecamatan Muara Jaya.

"Dua kecamatan ini memang belum ada kendaraan PBK. Mengingat kondisi wilayah yang luas maka dua kecamatan itu sangat membutuhkan kendaraan PBK yang di standby di Kecamatan," kata Alfarizi seraya menyebut target pengadaan mobil damkar itu akan dianggarkan pada 2018.

Di samping itu, Alfarizi menjelaskan, bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten OKU bisa dikatakan aman. Kerawanan karhutla ini masih bisa ditangani.

Yang jadi perhatian, lanjutnya, yakni untuk antisipasi kemungkinan kebakaran bangunan. Misalnya lingkungan pemukiman warga dan rumah toko (ruko).

"Kami menilai masih ada bangunan tinggi seperti ruko tidak memenuhi standar bangunan. Seperti tidak memiliki tangga darurat. Untuk itu kedepan kami mengusulkan agar pihak PBK ini dilibatkan dalam perencanaan izin bangunan," jelasnya.

Disamping itu, Alfarizi menjelaskan, di  Dinas PBKP ini sudah ada Kasi Penanggulangan dan Penyelamatan. Namun untuk fasilitas masih minim.
Misalnya dibutuhkan, mobil penanggulangan dilengkapi tangga dan perahu karet. "Ini yang belum ada. 2018 akan kita anggarkan," jelasnya(rmolsumsel.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.