Header Ads

Hati-hati, Punya Obat Ini di Rumah, Jangan Sampai Termakan Batita

Baturaja Radio Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), H Suharmasto SKM M.Epid mengingatkan masyarakat, terkait penggunaan obat Kaki Gajah (Filariasis).
Hal ini ia sampaikan pada kegiatan pemberian obat Kaki Gajah di Kelurahan Sukajadi, Kec Baturaja Timur, Rabu (4/10).
Kehadiran H Suharmasto pada kegiatan itu didampingi, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Andi Prapto SKM.
Penggunaan obat ini harus benar-benar diperhatikan. Jangan sampai termakan oleh Batita atau anak-anak usia di bawah 2 tahun.
"Mengapa demikian, sebab anak-anak, ketahanannya belum cukup kuat untuk mengkonsumsi obat ini. Makanya kita ingatkan ke masyarakat," ucapnya.
Suharmasto jelaskan obat kaki gajah ini, bisa membunuh seluruh jenis cacing.
Jika sudah mengkomsumsi obat ini masyarakat merasa pusing dan mual jangan khawatir.
Sebab hal itu salah satu reaksi dari obat.
"Namun jika masyarakat merasakan hal demikian setelah mengkonsumsi obat tersebut silakan konsultasi ke Bidan Desa atau Puskesmas terdekat," kata Suharmasto.
Mengapa sosialisasi dan pembagian obat kaki gajah ini gencar dilakukan, tujuan tidak lain untuk mengatisipasi atau mencegah kemungkinan terjadi kaki gajah di OKU.
Salah satu penyebab kaki gajah ini, dikarenakan lingkungan yang kurang bersih.
"Untuk itu masyarakat juga harus dan diharapkan untuk menjaga lingkungan tetap bersih," pesan Suharmasto.
Disinggung apakah ada masyarakat yang mengalami penyakit kaki gajah, katanya sampai saat ini tidak ada warga OKU yang mengalami hal deminkian.
"meski demikian antisifasi tetap akan kita lakukan. Salah satunya dengan sosialisasi dan pembagian obat kaki gajah ke masyatakat," ucapnya. (tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.