Header Ads

Cegah Obesitas pada Anak, Biasakan Sarapan hingga Rajin Beraktivitas Fisik

Baturajaradio.com jadi satu masalah terbesar yang dibadapi oleh anak-anak hampir di setiap negara. Dampaknya saat tumbuh dewasa hingga lansia, mereka rentan menderita penyakit degeneratif.
Umumnya, obesitas menjadi petaka bagi seorang anak. Terutama bagi mereka yang hidup dengan sedentary lifestyle, membuatnya sangat rentan alami obesitas.
Di dunia, hampir separuh anak-anak menderita gangguan ini. Apabila orangtua tidak menurunkan risikonya, dampaknya bisa menjadi jangka panjang.
Adapun cara pencegahannya bisa dilakukan sejak dini. Orangtua harus mengajarkan anaknya melakukan gaya hidup sehat. Mulai dari menjaga pola makan, hingga aktif bergerak, dilansir Zeenews, Jumat (13/10/2017) berikut ini yang wajib Anda simak.
Biasakan sarapan
Anak-anak yang terbiasa sarapan akan jauh dari masalah obesitas. Sebab, pola makan yang baik bisa menjaga tubuh tetap ideal. Sarapan tak hanya menguntungkan dari sisi itu, anak-anak yang sarapan lebih fokus dalam belajar di sekolah atau bermain bersama teman-temannya. Ibu harus membiasakan anak sarapan agar tak timbul masalah kegemukan.
Diet seimbang
Sejak kecil, ajarkan anak-anak untuk konsumsi makanan bergizi seimbang. Dalam piring makan, harus ada sumber serat, protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan sumber nutrisi lain. Artinya dalam piring makan harus ada sedikit nasi atau kentang, lauk, sayur, buah dan air putih atau susu sebagai tambahan makanan agar lebih sempurna. Hal tersebut dapat menjaga berat badan anak supaya tak berlebihan.
Hindari makan junk food
Jangan berikan anak-anak makan junk food terlalu sering. Makanan ini tinggi lemak, sehingga harus dibatasi. Kalau tidak, anak bisa mengalami kegemukan. Belum lagi masalah di kemudian hari, anak-anak jadi mudah menderita penyakit degeneratif yang berbahaya.
Aktif bergerak
Ajak selalu anak-anak aktif bergerak untuk mencegah obesitas. Sayangnya, belakangan ini generasi milenial sangat sulit melakukan aktivitas di luar rumah yang membakar kalori. Padahal anjuran dokter menyarankan agar anak-anak lebih aktif bergerak dibanding main gadget supaya tak menyebabkan kegemukan.
Konsultasi dengan dokter
Jangan lupa setiap tahun ajak anak untuk cek kesehatan berkala. Konsultasikan dengan dokter terkait apa yang harus mereka lakukan. Hal ini sangat penting juga untuk mendeteksi dini, apakah ada penyakit atau tidak yang menyerang tubuh anak-anak Anda. (okezone.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.