Header Ads

Bertemu JK, Dubes Australia Bicara Bantuan Pengungsi Rohingya


Baturaja Radio - Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson membahas sejumlah isu regional dalam pertemuan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Grigson juga menegaskan komitmen negaranya membantu pengungsi Rohingya. 

"Kami juga berbicara soal isu-isu regional, termasuk isu Rohingya," kata Grigson di kantor Wapres Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (2/10/2017).

Sementara itu, Sekretaris Wapres Mohammad Oemar menyebut Grigson menyampaikan keinginan Australia untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi pengungsi Rohingya.



"Jalurnya bisa via Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau PMI, plus koordinasi dengan Kemlu. Itu saja," ujarnya.

Warga Rohingya masih berbondong-bondong menyusuri pantai Myanmar sepanjang pekan ini, untuk mengungsi ke Bangladesh. Ribuan warga Rohingya mengungsi dengan berjalan kaki dari desa ke desa di wilayah Rakhine yang dilanda konflik.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (30/9), ribuan warga Rohingya yang mengungsi secara berbondong-bodong itu mengikuti eksodus lebih dari 500 ribu warga Rohingya lainnya yang terlebih dahulu mengungsi ke Bangladesh sejak 25 Agustus lalu. 

Eksodus itu dipicu oleh konflik yang kembali pecah di Rakhine, setelah militan Rohingya menyerang puluhan pos polisi dan pangkalan militer Myanmar. Operasi militer besar-besaran digelar di Rakhine oleh Myanmar, dengan tujuan memburu anggota militan yang menyerang mereka. (news.detik)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.