Header Ads

Gelisah Susah Tidur Setiap Malam, Lakukan 8 Trik Ini Bantu Anda Cepat Terlelap

Baturaja Radio - Tak semua orang mudah mengawali waktu tidurnya, sehingga jadi tak nyenyak. Tapi ada cara untuk mengatasi kesulitan tidur nyenyak setiap malam.
Bila tidak melakukannya, Anda selalu merasakan cemas di pagi hari. Begitu juga saat malam, Anda bisa merasa gelisah. 
Nah atasi dengan 8 cara berikut ini bila Anda sulit tidur nyenyak setiap malam. Simak ulasannya berikut ini, dilansir Boldsky, Selasa (26/9/2017).
1. Makan ayam kalkun
Daging ayam kalkun mengandung triptofan, yang merupakan asam amino yang diperlukan untuk memproduksi serotonin dan melatonin di tubuh. Hormon ini menyebabkan Anda tertidur pulas di malam hari, karena tubuh Anda lebih rileks dan siap untuk istirahat.
2. Minum teh chamomile
Varian teh seperti chamomile, lavender, dan peppermint memiliki kemampuan untuk menginduksi tidur. Minumlah secangkir teh hangat bila ingin tidur nyenyak. Karena dapat menenangkan aktivitas otak, sehingga membuat Anda tertidur dengan cepat tanpa menunggu waktu tengah malam.
3. Matikan lampu
Paparan sinar tidak membiarkan tubuh Anda tertidur sepenuhnya. Karena itulah orang yang tidur dengan lampu terang akan tidak nyaman. Lebih baik matikan lampu saat tidur malam. Otak Anda dan mata harus istirahat sepenuhnya saat malam hari.
4. Pasang suhu AC biasa
Kamar Anda harus diberikan suhu dingin tetapi jangan di bawah 20 derajat Celcius. Anda harus tidur nyaman dengan tetapi tetap sesuaikan dengan suhu badan. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang tidur di suhu dingin dapat menurunkan berat badan. Karena di saat tidur dapat terjadi proses pembakaran tubuh yang maksimal.
5. Cat tembok biru
Secara psikologis, warna biru memiliki efek menenangkan. Itulah mengapa para desainer interior menganjurkan Anda untuk mengecat tembok melukis nuansa kamar tidur dengan warna biru. Manfaatnya tentu bikin Anda tenang saat masuk ke dalam kamar.
6. Konsumsi biji-bijian
Makanlah biji-bijian seperti nasi merah atau roti gandum. Ini merupakan cara terbaik untuk meningkatkan tingkat serotonin dan melatonin tubuh Anda. Tak hanya itu, usua juga membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna makanan. Sehingga, saat makan siang perbanyak konsumsi sumber biji-bijian agar mudah dicerna tidak sampai mana.
7. Jangan bekerja larut malam
Saat bekerja malam hari tubuh akan sulit melepaskan serotonin. Itu sebabnya Anda tidak disarankan untuk bekerja larut malam, karena dapat kehilangan energi. Tak hanya itu, otak Anda seharusnya beristirahat dan tidur nyenyak.
8. Hindari minuman berkafein
Saat malam hari jangan konsumsi minuman berkafein atau makanan seperti cokelat. Kakao pahit dapat menyebabkan Anda sulit tidur. Batasi konsumsi minuman berkafein untuk membangun mood agar tak sulit tidur lelap di malam hari.(lifestyle.okezone.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.