Header Ads

Menkes ke Calon Jemaah Haji: Jangan Selfie dengan Unta

Baturaja Radio - Sebanyak 386 calon jemaah haji kloter pertama embarkasi Jakarta diberangkatkan pagi ini. Menteri Kesehatan Nila F Moeloek berpesan agar para calon jemaah haji tidak berselfie dengan unta.

"Tolong jangan berinteraksi dengan binatang di Arab Saudi, terutama Unta. Jangan selfie sama unta, selfie saja dengan yang lain jauh lebih cantik dari unta karena saat ini unta banyak yang sakit. Kami tidak inginkan, virus ini terbawa ke Indonesia," kata Nila di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (28/7/2017).

Menurut dia, dari total jemaah haji asal Indonesia sebanyak 221.000 sebagian besar telah berusia lanjut. Untuk itu, Menkes meminta para calon jemaah haji agar tetap memperhatikan kondisi kesehatannya.


"Ada 221.000 jemaah haji Indonesia dan sebagian besar berusia lanjut karena di Arab Saudi sudah memasuki musim panas dan suhu di sana mencapai lebih dari 45 derajat ada baiknya agar tidak dehidrasi para jamaah perbanyak minum," ujar Menkes.
Menkes juga berpesan agar calon jemaah haji menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah. Para calon jemaah haji diminta untuk tidak segan menghubungi petugas kesehatan dan melakukan pengecekan. Kemenkes, kata dia, telah berkoordinasi dengan Kemenag untuk menyediakan asupan makanan bergizi bagi para jamaah haji.


"Kami berikan makanan yang sesuai dengan kesehatan baik sebelum berangkat ke masjid dan sarapan. Jika beraktifitas di luar ruangan gunakan masker, payung, kacamata dan rajin minum. Kami sediakan air minum yang cukup minimal setiap dua jam minum 200 ml. Lalu dengan menyemprotkan air. Jangan lupa cuci dengan setiap mau menjamah makanan," jelas Nila.

Total kuota jemaah haji Indonesia tahun ini sebanyak 221.000 orang, terdiri dari 204.000 calon jemaah haji reguler dan 17.000 calon jemaah haji khusus.

Gelombang pertama akan terbang menuju Madinah Arab Saudi untuk menjalani ibadah Arbain (Jamaah haji mengejar keutamaan salat wajib 40 waktu tanpa putus di masjid Nabawi) selama 8-9 hari. Setelah itu, mereka secara bertahap diberangkatkan menuju Makkah untuk menjalani proses ibadah haji. (news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.