Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Lokasi Terisolir, BPBD Kesulitan Data Korban Banjir Belitung Timur

Baturaja Radio - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kesulitan mendata korban bencana banjir di Kabupaten Belitung Timur, karena akses jalan menuju lokasi yang terputus. 
 
"Saat ini baru korban banjir di Kecamatan Membalong yang berhasil didata, sementara kecamatan belum karena akses jalan terputus," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel, Najamuddin di Pangkalpinang, Senin (17/7/2017).

Sementara itu, kata dia korban banjir di Tanjung Pandan Kabupaten Belitung mencapai 1.280 orang dan sudah tertangani dengan baik, karena akses pendistribusian bantuan yang baik.
"Saat ini lokasi banjir di Belitung Timur terisolir, karena akses jalan terputus dan informasi juga terputus," ujarnya.
Ia mengatakan jaringan telefon gengam dan listrik di titik-titik banjir di Belitung Timur terputus, sehingga sulit mengetahui kondisi korban banjir di daerah itu.
"Saat ini kami belum mendapatkan perkembangan informasi korban banjir di tujuh kecamatan Belitung Timur, yaitu Simpang Renggiang, Kepala Kampit, Dendang, Damar, Gantung, dan Manggar, karena jaringan telepon yang terputus," katanya. 

Namun demikian, kata dia tim BPBD yang dikerahkan ke lokasi banjir di Belitung Timur berupaya keras untuk membantu dan mengevakuasi korban di kabupaten itu.
"Saat ini bantuan difokuskan ke Belitung Timur. Jangan sampai korban banjir di kabupaten itu kesulitan mendapatkan bantuan pangan, obat-obatan, pakaian dan lainnya," ujarnya. 

Berdasarkan informasi Minggu pagi, banjir di Kabupaten Belitung Timur melanda tujuh kecamatan yaitu Kecamatan Simpang Renggiang, Kepala Kampit, Dendang, Damar, Gantung, dan Manggar. Beberapa desa di Kecamatan Simpang Renggiang seperti Desa Simpang Tiga, Air Ruak, Renggiang, Lintang dan Air Madu terendam antara 25 hingga 120 centimeter. 

Sementara itu, banjir di Kecamatan Kelapa Kampit menyebabkan sembilan mobil terjebak banjir dimana dua mobil hanyut.
Belum ada laporan korban jiwa dan kerugian dalam musibah tersebut, sementara akses Jalan Raya Kelapa Kampit-Tanjung Pandan tepatnya di depan Kompleks PLN Desa Mayang rusak karena terus menerus tergerus aliran air hujan. Jalan lintas Tanjung Pandan-Buding menuju Kampit dan Manggar tidak bisa dilalui kendaraan karena kedalaman air mencapai tiga meter akibat Sungai Buding meluap. 

Begitu juga dengan banjir di Kecamatan Gantung, pada Minggu pagi jalan raya dari Gantung menuju Manggar putus di Dusun Selumar RT 12 Aik Merantik Desa Selinsing. Di Kecamatan Manggar, jembatan Aik Meranti Desa Selumar putus sehingga transportasi lumpuh total.(okezone.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.