Header Ads

KUA SEMIDANG AJI SELANGKAH LAGI MELAJU KE TINGKAT NASIONAL

Baturaja Radio - Keterbatasan dan kekurangan bukanlah penghalang untuk berprestasi. Hal ini dibuktikan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Ya. Kantor yang berada di Jalan Lintas Sumatera Desa Bedegung Kecamatan Semidang Aji ini mewakili Kabupaten OKU maju penilaian lomba KUA Teladan Tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2017.

KUA Semidang Aji bakal bersaing dengan dua KUA lainnya di Sumsel yakni KUA dari Kabupaten OKU Timur dan KUA dari Kota Pagaralam untuk diseleksi di tingkat Provinsi. Pemenangnya, akan maju dalam penilaian lomba KUA Teladan Tingkat Nasional mewakili Provinsi Sumsel.

“Kita (KUA Semidang Aji,red) masuk tiga besar seleksi KUA Teladan tingkat Provinsi bersama OKU Timur dan Pagaralam. Yang menang, nanti diutus ke tingkat nasional,” ujar Kepala KUA Semidang Aji, Husnul Yakin S.H.I, MH, Senin (17/7), seraya menuturkan pengumuman pemenangnya dimungkinkan pada penghujung bulan ini.

Kenapa KUA Semidang Aji yang terpilih? Kata Husnul Yakin, ada beberapa alasan. Diantaranya, yakni program dasar pelayanan berbasis IT dan program pembinaan umat. Dua program inilah yang diunggulkan di KUA yang dipimpinnya itu.

Terpilihnya KUA Semidang maju penilaian lomba KUA Teladan Tingkat Provinsi tahun 2017, tentunya cukup membanggakan bagi Kantor Kementerian Agama (Kanmenag) OKU.

Pasalnya, dalam beberapa tahun belakang, sama sekali tidak ada perwakilan KUA di bawah naungan Kemenag OKU yang masuk tiga besar. “KUA dari OKU tidak pernah masuk tiga besar sebelumnya. Kalaupun pernah, itu kalau tidak salah terjadi beberapa tahun atau sepuluh tahun silam,” kata Husnul Yakin seraya mengingat-ingat.

KUA Semidang Aji sendiri menjadi perwakilan OKU mengikuti seleksi KUA Teladan di tingkat Provinsi berdasarkan penilaian KUA teladan tingkat Kabupaten tahun lalu. Ini dikarenakan tahun ini OKU tak ada seleksi yang demikian.

Diketahui, meskipun kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM), KUA Semidang Aji pernah tiga kali menyabet predikat KUA terbaik di Bumi Sebimbing Sekundang (julukan OKU), menyisihkan sembilan KUA lainnya di OKU.

Terakhir predikat ini didapat pada 2016 lalu yang diserahkan langsung oleh Bupati OKU pada acara puncak Hari Amal Bhakti (HAB) di kisaran Januari 2017 lalu. Sebelumnya pada tahun 2014 dan 2015 lalu, predikat serupa juga didapat KUA yang dikepalai pria asal Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI) tersebut.

"Yang jelas kita berharap dapat menang (di provinsi) dan melaju ke tingkat Nasional. Kalaupun tidak, ya paling tidak juara tiga sudah ditangan," harapnya.
(rmolsumsel.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.