Header Ads

RUU Pemilu Molor Lagi, Ketua Pansus DPR Yakin Tidak Deadlock

Baturaja Radio - Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan jika pembahasan RUU Pemilu tetap alot maka sebaiknya kembali ke UU lama yaitu UU Nomor 8/2012 tentang Pemilu. Ketua Pansus RUU Pemilu Lukman Edy yakin pembahasan tidak akan deadlock.

"Kalau anggota DPR itu 600 kemudian skornya 300-300 baru deadlock begitu. Tapi kan anggota DPR ini sekarang ada yang belum di-PAW, berarti masih ada 559, ada ganjilnya jadi nggak mungkin deadlock. Pengambilan keputusan terakhir melalui voting pasti ada yang unggul dan nggak unggul," ujar Lukman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (13/6/2017).

Lukman mengatakan kepentingan antar-fraksi soal RUU Pemilu masih belum menemui titik temu. Ia memberikan dua opsi pengambilan keputusan.

"Belumlah. Jadi tetap kemungkinannya dua, bisa melalui paket, bisa melalui item per item. Jadi, tetap itu kemungkinannya," paparnya.

Hanya saja, Lukman mengatakan lebih mudah pengambilan keputusan berdasarkan sistem paket. Dia sempat memunculkan tawaran 4 paket yang berisi berbagai opsi di 5 isu krusial.

"Jadi kalau misalnya per paket itu kan memudahkan mengambil keputusan, tidak perlu banyak-banyak misalnya satu paket atau dua paket ditawarkan. Kalau nggak bisa per paket ya terpaksa item per item. Jadi, kemungkinan skenario rapat besok ya seperti itu," imbuh Lukman.(news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.