Header Ads

Gempa Bumi Guncang Sumbawa tanpa Potensi Tsunami


Baturaja Radio - Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Sumbawa, NTB pada Selasa (27/6) pagi. Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi terjadi pada pukul 07.10 WITA dengan kekuatan 3,7 SR dan pusatnya terletak di darat pada koordinat 8,44 LS dan 117,26 BT, pada kedalaman 10 km.

"Masyarakat melaporkan dampak gempa bumi berupa guncangan lemah dirasakan di daerah Sumbawa dalam skala intensitas I SIG-BMKG atau (I-II MMI)," ujar Agus di Mataram, Selasa (27/6).

Hal ini, kata Agus, dikonfirmasi dari laporan masyarakat bahwa guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang. Agus menambahkan, ditinjau dari kedalaman hiposenternya gempa bumi darat ini merupakan jenis gempa bumi tektonik akibat aktivitas sesar aktif.

"Terkait dengan peristiwa gempa bumi yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 07.28 WIB belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan," kata Agus.

Agus mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan posisi episenter gempa bumi tersebut di darat sehingga gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

"Untuk itu kepada warga Sumbawa dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Agus. (republika.co.id)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.