Header Ads

Masyarakat Sumsel diimbau waspadai banjir


Baturaja Radio - Masyarakat Sumatera Selatan diimbau mewaspadai bencana banjir dan tanah longsor, karena di wilayah ini masih banyak terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang berpotensi mengakibatkan terjadinya bencana alam.

"Hujan pada April 2017 ini masih cukup sering turun, seperti yang terjadi beberapa hari terakhir mengakibatkan sejumlah kawasan permukiman penduduk di Palembnag dilanda bencana tersebut meskipun tidak parah menimbulkan kerusakan rumah dan korban jiwa," kata Plt Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Belman Karmuda, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, hujan yang mengguyur sejumlah daerah pada musim peralihan dari musim hujan ke kemarau sekarang ini diprediksi masih akan terus terjadi hingga satu bulan ke depan sehingga kewaspadaan terhadap banjir dan tanah longsor perlu terus dilakukan guna mencegah timbulnya kerugian harta benda dan korban jiwa yang besar.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya belum mengambil tindakan turun ke kawasan permukiman penduduk di Palembang yang tergenang air hujan karena bisa ditangani oleh jajaran pemerintah kota setempat dan diprediksi tidak menimbulkan permasalahan sosial yang parah dan berkepanjangan, katanya.

Dia menjelaskan, dalam kondisi peralihan musim sekarang ini, masyarakat yang berada di daerah rawan bencana banjir seperti Palembang, Ogan Ilir, Musi Banyuasin dan rawan longsor seperti di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, dan Kota Pagaralam, serta beberapa kabupaten/kota lainnya untuk lebih meningkatkan kewaspadaan.

Dengan meningkatkan kewaspadaan, diharapkan masyarakat yang berada di daerah rawan bencana itu bisa melakukan berbagai langkah antisipasi sehingga terhindar dari kerugian harta benda dan timbulnya korban jiwa, ujarnya.

Sementara sebelumnya petugas Seksi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten Palembang Dara Kasihairani mengimbau kepada masyarakat di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu agar mewaspadai banjir dan tanah longsor pada musim peralihan.

"Pada musim peralihan ini hujan masih cukup banyak, masyarakat di beberapa daerah rawan terjadi bencana banjir seperti Kota Palembang, Kabupaten Musirawas, Musi Banyuasin, Banyuasin, dan Kabupaten Muaraenim, dan rawan longsor seperti Kota Pagaralam, Kabupaten Lahat, Empat Lawang, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan perlu meningkatkan kewaspadaan," ujarrnya. (antarasumsel.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.