Slider

GALERI

News

BUDAYA DAN WISATA

KULINER

TIPS

INFO

GALERI

» » Ribuan Pendidik di OKU Berkomitmen Jadi Guru Profesional

Baturaja Radio - Sebanyak 5.008 tenaga pendidik di Kabupaten OKU berkomitmen menjadi guru profesional untuk melahirkan generasi cerdas dan tangguh.

Hal itu terungkap pada pembinaan awal tahun yang dilakukan Kepala Dinas Pendidikan Kabupatan OKU yang juga Ketua PGRI OKU Dr Drs H Achmad Tarmizi SE MT MSi Selasa (21/3). Dikatakan Kadin Pendidikan, menjadi guru mungkin semua orang bisa. Tetapi menjadi guru yang memiliki keahlian dalam mendidik atau mengajar perlu pendidikan, pelatihan dan jam terbang yang memadai.

Untuk menjadi guru profesioanl, standar minimal yang harus dimiliki adalah, Memiliki kemampuan intelektual yang memadai, Kemampuan memahami visi dan misi pendidikan, Keahlian mentrasfer ilmu pengetahuan atau metodelogi pembelajaran.

Memahami konsep perkembangan anak/psikologi perkembangan, Kemampuan mengorganisir dan problem solving serta kreatif dan memiliki seni dalam mendidik. Dikatakan Dr Drs H Achmad Tarmizi SE MT MSi pembinaan awal tahun ini bertujuan untuk menyatukan visi dn misi guru untuk menjalankan profesinya sesuai dengan tugas pokoknya dan fungsi guru.

Sementara itu pembinaan awal tahun dilakukan dengan cara datang ke kecamatan-kecamatan dalam wilayah Kabupaten OKU yang juga langsung dibuka oleh Bupati OKU Drs H Kuryana Azis. Sosilisasi pembinaan awal tahun diikuti oleh guru PAUD (Pendidikan Usia Dini, guru Sekolah Dasar, SLTP Dan SLTA.

Selama sosialisasi ini para guru mendapat penjelasan tentang Struktur Organisasi Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu Berdasarkan Perda Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten OKU. Sosialisasi disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan OKU yang juga Ketua PGRI Kabupaten OKU Dr Drs H Achmad Tarmizi SE MT MSi .
Selain pembinaan guru juga dilakukan pelantikan Pengurus cabang PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) tingkat Kecamatan .

Sedangkan Bupati OKU Drs H Kuryana Azis, mengatakan, berkenan dengan paradigma penguatan sistim pendidikan yang berbasis kompetensi yang dilandasi dengan etika penyelenggaraan tugas pokok secara bersih, jujur dan berkeadilan, maka setiap guru sebagai bagian dari aparatur sipil negara dihadapkan pada berbagai tantangan antara lain, perlunya peningkatan profesionalisme kerja dilandai komitmen bekerja dengan integritas tinggi dan mengedepankan kejujuran serta berorientasi pada peningkatan kualitas dan prestai akademik bagi para siswa.

Kemudian perlunya membangun pola pelaksanaan tugas berdasarkan kaidah pemerintahan yang baik. lalu pelrunya pemahaman semua guru dan semua pihak yang terlibat dalam manajemen sekolah untuk menghindari smeua tindakan ataupun kebijakan yang dapat dipersepsikan sebagai perbuatan pungutan liar (pungli) dalam berbagai bentuk ataupun jenis pungutan.

Dalam konteks pembinaan profesionalisme kerja, semua guru dapat menyatukan persepsi bahwa menjalankan sebagian fungsi kenegaraan dan fungsi pemerintahan hanya satu arah tujuan yaitu kemajuan sekolah dan peningkatan mutu lulusan.

Sementara itu pada acara pembinaan awal tahun yang dipusatkan di SPMN 3 Batumarta Kecamatan Lubukraja Kabupaten OKU dilakukan pembagian piagam penghargaan kepada 15 guru yang lulus UKG (Uji Kompetensi Guru), peresmian rehab ruang belajar dan penanaman pohon penghijauan (tribunnews.com)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply