Banner

Banner
Pemkab OKU

Ini Imbauan Ketua Umum PBNU soal Memilih Pemimpin di Pilkada

Baturaja Radio - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj memberikan imbauan terkait pemilihan kepala daerah (pilkada). Dia mengatakan warga dipersilakan memilih pasangan nomor berapa pun asalkan bertanggung jawab.

Pernyataan tersebut tertulis dalam pernyataan Kiai Said yang diunggah di akun Twitter resminya @saidaqil seperti dilihat detikcom, Sabtu (11/2/2017). detikcom telah menghubungi Kiai Said lewat pesan singkat dan membenarkan pernyataannya itu.

Dalam pertanyaan bertanggal 10 Februari 2017 itu, Kiai Said menegaskan, sesuai Khittah 1926, NU tidak terlibat dalam politik praktis. Karena itu, tidak mungkin dan tidak boleh PBNU memberikan dukungan politik pada kandidat mana pun.

"Kalau ada pernyataan yang menyatakan dukungan terhadap kandidat dalam pilkada, mulai dari PBNU, lembaga, lajnah, badan otonom, dari tingkat pusat sampai daerah, tidak ada yang sah dan boleh mewakili NU sebagai jam'iyyah (organisasi). Kalaupun ada, tidak lebih sebagai pernyataan pribadi," kata Kiai Said.

Terkait penyelenggaraan pilpres, pileg, maupun pilkada, lanjut Kiai Said, dirinya akan melakukan sejumlah hal. Salah satunya aktif mendorong warga NU agar menggunakan hak pilih secara bertanggung jawab.

"Tanggung jawab itu ya cari-cari informasi, pakai perenungan, dan terus berdoa agar Indonesia dikaruniai pemimpin yang tidak zalim," ujar Kiai Said. "Ini pertimbangan yang sifatnya pribadi sekali. Silakan pilih nomor berapa saja asalkan bertanggung jawab," sambungnya menegaskan.
(news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.