Header Ads

Kasat Bimas Ajak Hindari Berita Hoax

Baturaja Radio - Berita-berita hoax (bohong) yang disebar melalui dunia maya belakangan ini semakin sulit dikendalikan, itulah sebabnya awak media selaku penggiat informasi yang profesional diharapkan agar membantu memberikan literasi media (melek media).

Wartawan selaku pekerja media yang ahli di bidangnya agar membantu memberikan informasi positif kepada masyarakat agar melek media, artinya masyarakat pengguna sosmed lebih selektif .

“ Bagi yang memposting maupun yang meyebar luaskan informasi–informasi bohong maka akan dikenakan sanksi,” tandas Kasat Bimas AKP Widhi A Darma SIK dalam jumpa persnya di ruang rapat Mapolres OKU Selasa (10/1).

Silaturahmi dengan wartawan yang dilakukan Selasa sore itu membahas tentang maraknya informasi-imformasi yang menyesatkan di dunia maya yang berdampak pada keresahan masyarakat.

Kasat Bismas yang baru satu minggu bertugas di Mapolres OKU ini mencontohkan beberapa informasi yang sangat merugikan yang diposting oleh orang yang tidak bertanggung jawab seperti informasi berita bohong yang menyebutnya wafatnnya mantan Presiden RI Bj Habibie.

Informasi ini sempat menjadi tranding topic ternyata hoax. Beberapa pengguna FB penasaran dan mencari ke berbagai sumber ternyata hanya berita bohong.

Kasat Bimas yang juga didampingi Ipda Suhaimi menjelaskan, Polres OKU merupakan perpanjangan tangan dari Kapolri yang sudah menginstruksikan agar jajaran Polres OKU memantau lalu lintas informasi melalui jejaring sosial seperti FB, WA dan media elektronik lainnya.

Di kesempatan itu Kasat Bimas juga mengajak awak media yang melakukan tugas jurnalistik di Kabupaten agar sama-sama membantu menciptakan kondisi Kabupaten OKU yang aman.

Kasat Bimas juga menghimbau kepada seluruh pengguna sosmed agar tidak mudah menyebarkan berita-berita yang berpotensi hoax.

Kasat Bimas juga mengajak seluruh awak media dan masyarakat OKU agar terus bersinergi dalam melakukan tugas sesuai profesi masing-masing. (tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.