Header Ads

OKU Timur Raih Juara Pertama Tingkat Nasional Lomba Cipta Menu

Baturaja Radio - PKK Kabupaten OKU Timur berhasil meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional dalam Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis Sumber Daya Lokal yang dilaksanakan di Boyolali, Jawa Tengah pada 29 Oktober lalu.

Penghargaan yang diterima dalam rangka hari Pangan Sedunia XXXVI Tahun 2016 tersebut, diterima OKU Timur saat mengikuti Kreasi Menu Aplikatif.

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo tersebut, menempatkan Kabupaten OKU Timur yang mewakili Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai juara terbaik.

Ketua Tim Penggerak PKK OKU Timur Hj Rusmiyati Kholid didampingi Wakil Ketua Lilik Setiorini Fery Antoni dikonfirmasi Senin (14/11) mengatakan, dalam lomba menu B2SA tersebut OKU Timur menghadirkan menu sederhana yang sangat terjangkau namun memilik gizi yang tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. 

“Alhamdulillah hasilnya kita berhasil menjadi yang terbaik. Sebelumnya pada kegiatan yang sama di Padang Sumatera Barat, kita yang juga mewakili Sumsel menjadi juara pertama mengalahkan utusan dari provinsi lain,” katanya.

Penghargaan Lomba B2SA berbasis Sumber Daya Lokal menurut Rusmiyati diserahkan langsung oleh dr Erni Guntarti Tjahjo Kumolo selaku Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

 “Ucapan terimakasih dan penghargaan kita berikan kepada tim lomba B2SA OKU Timur yang telah menjuarai Lomba B2SA tingkat Provinsi dan mewakili Sumsel di tingkat Nasional,” katanya.

Adapun menu yang ditampilkan dalam lomba B2SA tersebut untuk makan pagi berupa bubur jagung ayam, wedang ceng gangga serta kudapan pagi kroket singkong. Kemudian untuk makan siangnya nasi pisang kepok bakar, Buntil gabus mang ladi, pergedel kang grigit ditambah sambal buah kueni dan sirsak lobas.
Sorenya disajikan kudapan puding kentang. Sementara untuk makan malam disajikan gatot, botok belut dalam bambu, sate tempe, tumis bang tesgan serta asmara bulir limau.

“Total menu yang disajikan dalam sehari mencapai 6.711,3 energy, 230 gram protein, 160,5 gram lemak serta 1.005 gram karbohidrat,” jelasnya. (tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.