Header Ads

Menhub Jonan: Arus Balik Gelombang Kedua Minggu Depan

Baturaja Radio - Namun Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyebut arus balik masih akan terjadi pada minggu depan. Arus balik yang terjadi pada Minggu 10 Juli kemarin dianggap sebagai arus balik gelombang I.

"Jadi arus balik yang sekarang ini, yang hari Jumat, Sabtu, Minggu sampai subuh tadi itu gelombang pertama. Nanti gelombang kedua, kami perkirakan Jumat dan Sabtu ini. Ini kan Senin ya, jadi Jumat dan Sabtu," ucap Jonan di Komplek Istana, Jakarta Senin (11/8/2016).

Jonan menyebut arus balik akan ada gelombang kedua karena libur anak sekolah sampai Minggu (17/7) depan. Meski begitu sejauh ini arus balik berlangsung lancar tidak seperti saat mudik.

"Tapi mudah-mudahan sih merata ya, ada yang pulang Senin sampai Sabtu ya. Tapi kalau nggak, kami sudah antisipasi itu Jumat dan Sabtu, Minggu. Ini terakhir sudah pasti,' ujarnya.

"Kan Jakarta masih sepi ya, nah makannya itu ya mungkin sepertiga yang belum kembali. Kalau Jakarta ya,' imbuh Jonan.

Soal masalah dalam arus balik maupun mudik, Jonan menyebut kemacetan sudah pasti terjadi karena memang kepadatan kendaraan. Sehingga wajar terjadi macet seperti di jalur Pantura kemarin.

"Kalau kendala sih menurut saya ya, kalau prinsip ya selama ini nggak ada sih. Hanya memang kadang-kadang kalau traffic-nya penuh sekali, pasti namanya delay atau macet atau apa ya pasti," kata Jonan.

Lalu apa yang harus diperbaiki dari macet di tol saat mudik kemarin?

"Anda tanya Pak menteri PU. Kalau jalan tol itu kewenangannya di BPJT dan itu di bawah Pak Menteri PU, jadi silakan tanya. Kalau di luar itu silakan tanya saya," jawab mantan Dirut PT KAI itu.
(news.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.