Header Ads

Alex Minta Walikota dan Bupati Se Sumsel Contoh Ridho Yahya

Baturaja Radio - Gubernur Sumatera Selatan, Ir H Alex Noerdin SH meminta seluruh bupati dan walikota yang ada di Sumsel untuk mencontoh dan belajar dari Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM.
Alex meminta seluruh bupati dan walikota di Sumsel mencontoh Ridho Yahya lantaran keberhasilan Prabumulih dalam menjadikan Prabumulih kota percontohan gas rumah tangga secara nasional, dimana seluruh masyarakat menikmati gas kota.
Tidak hanya itu, Prabumulih dinilai telah memiliki pembangunan yang sangat pesat, sehingga menyajikan perubahan secara drastis terhadaap bumi seinggok sepemunyian itu.
"Bupati dan Walikota Sesumsel, masa kalah dengan Ridho Yahya. Saya minta seluruh bupati sebanyak 14 bupati dan 3 walikota di Sumsel contohlah Ridho Yahya, Walikota Prabumulih. Gas kota mengaliri seluruh masyarakat Prabumulih," ungkap Gubernur Sumsel, Ir H Alex Noerdin ketika menyampaikan sambutan dalam acara peresmian dan Groundbreaking Proyek-proyek kementerian ESDM untuk Sumbagsel di taman kota Prabujaya Kecamatan Prabumulih Timur, Senin (2/3/2016).
Dalam kesempatan itu juga, Gubernur Sumsel meminta agar Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Sudirman Said mengalirkan gas kota ke seluruh Kabupaten/kota di Sumatera Selatan. Menurut Alex, Sumsel merupakan lumbung energi, khususnya Prabumulih merupakan penyumbang minyak dan gas yang cukup besar sehingga sudah selayaknya mendapat penyaluran gas kota merata ke seluruh masyarakat Sumsel.
"Tidak hanya Prabumulih, kita minta kepada pak menteri seluruh Sumsel dialiri gas kota. Palembang saat ini baru beberpa ribu hendaknya dituntaskan, kita berharap ada kerjasama antara PGN dan pertagas atau apalah solusinya terbaik," ungkap Alex Noerdin.
Alex mengatakan, Sumsel yang kaya akan minyak dan gas serta tambang sudah seharusnya menikmati hasil tersebut, artinya masyarakat harus menikmti dahulu sebelum didistribusikan ke tempat lain.

"Sunah Rosullulah SAW, bantulah tetangga setelah kamu berkecukupan. Ini di Sumsel saja belum berkecukupan masa sudah bantu tetangga dan didistribusi ke Jakarta, jangan sampai kita yang lumbung energi tapi tidak menikmati. Jadi kita minta tolong ke pak menteri agar Sumsel seluruhnya teraliri gas kota dulu," ungkap Alex seraya mencandai Menteri ESDM.
Sementara Menteri ESDM, Sudirman Said mengatakan, sesuai amanat UU Nomor 30 Tahun 2007 tentang energi menyatakan, sumber daya energi harus dipakai bukan sebagai komoditas tapi sebagai driver pertumbuhan ekonomi.
"Kita tentu tidak mau dan tidak boleh ada daerah yang kaya sumber daya mineral tapi tertinggal atau mati dilumbung sendiri, kita tentu akan terus menyalurkan gas kota ke daerah yang dekat dengan jaringan gas kota, kita juga minta kepala daerah proaktif mengusulkan," tegasnya seraya mengatakan guna mendukung Asian Games kementerian meemberikan bantuan penerangan jalan umum, pembagunan PLTS dan bio gas.
Sementara untuk Prabumulih, Menteri mengatakan, dari total 89.000 sambungan gas rumah tangga yang diberikan Kementerian ke lima kota yakni Surabaya, Tarakan, Batam dan Balikpapan, kota Prabumulih merupakan kota yang terbesar mendapat bantuan sambungan gas kota.
"Prabumulih mendapat bantuan 32 ribu sambungan gas kota, dengan bantuan ini Prabumulih menjadi kota pertama di Indonesia yang mayoritas penduduknya menggunakan jaringan gas kota yakni mencapai 93 persen. Setelah selesai pembagunan 32 ribu sambungan kita akan terus beri bantuan hingga 100 persen penduduk Prabumulih menikmati gas kota," ungkap Menteri ESDM, Sudirman Said.
Sedangkan, Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM mengungkapkan terimakasih kepada pemerintah pusat atas kepercayaan menjadikan Prabumulih sebagai kota yang menerima pembangunan jaringan gas rumah tangga terbanyak dan SPBG.
"Jika kita selama ini ibarat mati di lumbung padi, kedepan target kita seluruh warga Prabumulih bisa merasakan jaringan gas kota. Sehingga Prabumulih sebagai daerah penghasil minyak dan gas tidak lagi sebatas penonton, namun bisa menikmati hasil sumber daya yang melimpah ini," ujar suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu itu.
Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Menteri ESDM bersama-sama dengan Gubernur Sumsel, Ir H Alex Noerdin, Dirut SDM dan Umum PT Pertamina, Dwi Wahyu Darwoto, Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya, Presdir Pertagas Niaga, Hendra Jaya dan Dirjen Migas IGN Wiratmaja. Tampak hadir dalam acara itu, anggota DPD RI asal Sumsel, GM Pertamina Ekariza, Ketua DPRD Prabumulih, Ahmad Palo, Bupati Lahat, Aswari Riva’I, Bupti PALI, Heri Amalindo, Wawako Prabumulih, H Andriansyah Fikri, Wabup OKU Selatan, Solihin Abuasir, Wakapolres, Kompol FX Irwan Arianto, Sekda Prabumulih, Drs H Djoharuddin Aini serta sejumlah tokoh masyarakat, agama, pemuka adat serta seluruh masyarakat Prabumulih.(Sripoku.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.