Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Debit Air Sungai Naik, Warga OKU Timur Diminta Waspada Banjir

Baturaja Radio - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Timur memperingatkan kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap bencana banjir. Hal tersebut mengingat tingginya curah hujan dan naiknya debit air Sungai Komering serta sungai-sungai lainnya dalam beberapa hari terakhir.
Kepala BPBD OKU Timur Rusman ketika dikonfirmasi, Rabu (30/12/2015) menegaskan hingga saat ini belum ada bencana banjir yang melanda pemukiman maupun lahan persawahan dan perkebunan warga.
Meski demikian pihaknya tetap meminta kepada masyarakat untuk waspada terutama yang berdomisili di sekitar bantaran sungai.
“Karena mereka yang paling rentan mengalami banjir dan longsor. Kita meminta masyarakat untuk waspada dan melaporkan setiap ada kejadian terutama bencana alam. Hujan dan ketinggian air saat ini tidak bisa diprediksi intensitasnya,” katanya.
Menurut Rusman, untuk saat ini debit air Sungai Komering masih dalam batas kewajaran. Sedangkan untuk intensitas hujan terbilang cukup tinggi selama beberapa hari terakhir. Untuk itu, perlu adanya kewaspadaan dari masyarakat akan adanya bencana banjir.
“Beberapa waktu lalu kita melakukan pemantauan dan ada beberapa anak sungai yang meluap dan menyebabkan genangan pemukiman warga. Namun hal itu disebabkan karena bangunan rumah yang terlalu dekat dengan aliran sungai. Dan hal itu tidak menyebabkan adanya kerugian warga,” katanya.
Sebagai bentuk kewaspadaan terhadap terjadinya bencana alam kata dia, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak irigasi OKU Selatan dan Irigasi Upper Komering untuk mengetahui ketinggian debit air apakah sudah membahayakan atau belum(Detik.com).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.