Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Bupati: Batik perlu dijadikan cendera mata


Baturaja Radio  - Penjabat Bupati Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Maulan Aklil mengatakan batik khas OKU menjadi usaha produktif yang dikelola dan dikembangkan secara profesional, bisa dijadikan cendera mata bagi orang yang pernah berkunjung ke daerah itu.

Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) selain batu akik, masih banyak lagi hasil khas daerah lainnya yang salah satunya adalah batik menjadi hasanah budaya yang perlu dikelola secara profesional, kata Maulan Aklil di Baturaja, Sabtu.

Ia menilai, kalau batik OKU ini kwalitasnya dan pengelolaannya menggunakan manajemen yang baik, tentunya akan menambah penghasilan keluarga dan mampu mengangkat hasanah budaya daerah di tingkat lokal, nasional bahkan mancanegara.

"Saya menginginkan, nanti setiap kali ada kunjungan tamu dari luar daerah, kita bisa berikan batik ini sebagai cendera mata, jadi orang akan ingat OKU manakala menggunakan batik kita. Dengan begitu, kerajinan ini sekaligus bisa menunjang sektor pariwisata kita, apalagi OKU dikenal dengan objek wisata Goa Putri," katanya.

Oleh karena itu, kata bupati, pengelolaan dan pembinaan batik ini baiknya langsung diserahkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan ke Dharma Wanita setempat saja, supaya para ibu mendapat penghasilan tambahan.

Sementara, sehari sebelumnya Bupati OKU berharap pada HUT Dharma Waita persatuan kali ini juga dijadikan ajang pertunjukan yang dilakukan penilaian oleh dewan juri, hasilnya berhak meraih juara pertama Asisten I Setda OKU Mirdaili beserta istri dan penghargaan ini sebagai motivasi para anggota unit Dharma wanita setempat. (Antara Sumsel)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.