Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Alokasi Dana Desa Tahun Depan Ditingkatkan Dua Kali Lipat

Baturaja Radio - Pemerintah pusat tahun depan bakal meningkatkan alokasi dana setiap desa 2 kali lipat dari tahun ini sehingga nantinya setiap desa akan mendapatkan dana sebesar Rp 1 miliar.

“Saat ini setiap desa di Sumsel masih mendapatkan Rp 300 juta dengan jumlah total yakni sekitar Rp 775 miliar, dengan jumlah penerima dana tersebut yakni sebanyak 2817 desa,” ungkap Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, H Yusnin SSos MSi usai kegiatan kuliah umum dari Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, Selasa (24/11/2015).

Dijelaskannya, saat ini penyaluran dana desa baru dilakukan untuk tahap pertama, sedangkan untuk tahap kedua baru 70 persen dan tinggal 30 persen lagi.

“Untuk tahap ketiga nantinya akan dilakukan dalam waktu dekat,” jelasnya.

Meskipun saat ini penyalurannya sedikit terlambat, pihaknya optimis akan terserap dengan baik.

“Deadlinenya, sesuai dengan tahun anggaran yakni 31 Desember namun setiap desa harus segera melakukan kegiatan agar pada pertengahan Desember mendatang dana desa tersebut terserap,” terangnya.

Ia menambahkan, jika nantinya dana tersebut tidak terserap maka dana ini nantinya akan dikembalikan lagi ke pemerintah pusat.

Keterlambatan ini sendiri disebabkan karena kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengetahuan.

Karena itu, dengan adannya kegiatan dan kuliah umum ini maka setiap kades dan sekdes dapat bekerja lebih optimal untuk membangun desa.

“Kegiatan ini sendiri akan diadakan di hotel dengan melibatkan setiap jajaran desa, namun hanya perwakilan saja yakni Kades dan Sekdes sekitar 1500 orang. Kegiatan ini sendiri nantinya berakhir pada 3 Desember,” terangnya.

Sejauh ini, dirinya mengakui masih ada desa belum mendapatkan dana desa. Namun, dana tersebut merupakan ketetapan dan ketentuan dari pemerintah pusat bukan berdasarkan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel. (tribunnews)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.