Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Melatih Dan Mengasah Daya Ingat Anak

Baturaja Radio - Kemampuan bayi dalam mengingat sesuatu sudah dimulai sejak dalam kandunganhlo. Ia bisa mengingat suara – suara yang sering Anda perdengarkan ketika Anda tengah mengandungnya. Ini lah sebabnya mengapa bayi akan sangat mudah menghafal suara ayah dan ibunya. Dan setelah lahirpun Anda juga bisa melatih kemampuan daya ingatnya ejak dini supaya berkembang lebih baik.


Bagaimana caranya? Mudah kok! Yuk simak tips melatih daya ingat anak sejak dini berikut ini:

Pertama, lakukan kontak mata. 
Kontak mata yang Anda lakukan dengan si kecil akan membantu merangsang saraf dalam otak anak untuk mengingat apa yang Anda katakan.

Kedua, melalui permainan. 
Ketika usia anak Anda sedikit lebih besar, Anda dapat memanfaatkan mainan untuk membuat daya ingatnya berkebang lebih baik. Namun, Anda juga harus selektif dalam memilih mainan untuk anak, pilihlah mainan yang meminta anak untuk menyusun suatu benda yang di acak, misalnya puzzle.

Ketiga, menghafal nama. 
Tidak harus nama orang, tetapi dapat juga nama – nama benda, hewan, maupun tumbuhan. Berikan anak gambar kemudian sebutkan namanya dan minta anak untuk mengulanginya, dengan demikian anak akan berlatih untuk mengingat nama – nama tersebut. Hal seperti ini akan membuat anak mengkoordinasikan kemampuan mendengan, melihat, dan mengucapkan sehingga dapat melatih daya ingat anak secara baik.

Nah itu tadi beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melatih dan mengasah daya ingat anak agar mampu berkembang dengan baik.

Anda memiliki bayi usia sekitar 8 bulan? Apakah ia sudah mampu merangkak? Jika belum Anda patut untuk merasa kawatir. Meskipun tidak semua bayi mempunyai tempo perkembangan yang sama, namun umumnya mereka tetap akan mencapai sebuah tahap dalam rentang waktu yang relatif sama. Dan merangkak merupakan salah satu tahap perkembangan bayi usia 8 bulan.

Berbicara mengenai bayi yang terlambat memasuki tahap merangkak, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya. Mulai dari keterlambatan perkembangan otot, malnutrisi, hingga kurangnya stimulus atau rangsangan.

Nah jika memang penyebabnya adalah yang terakhir disebutkan, mudah kok merangsang bayi agar cepat merangkak. Anda hanya perlu mengetahui beberapa tips sederhana yang telah kami rangkum spesial untuk Anda. Apa saja tipsnya ?

Tips merangsang bayi agar cepat merangkak

· Lebih sering posisikan bayi dalam keadaan tengkurap. Tengkurap akan merangsang bayi untuk berusaha dan membiasakan diri melatih otot – otot tubuhnya agar ia mampu mengangkat kepala, tubuh, dan bergerak dengan perutnya. Hal ini merupakan cikal bakal kemampuan merangkak bayi.

· Letakkan mainan menarik di depannya. Mainan akan membuat bayi tetarik hingga akirnya ia terstimulasi untuk menggapainya. Nah berawal dari ketertarikannya ini diharapkan ia akan mampu menggeser sedikit demi sedikit tubuhnya dengan menggunakan perut. Beri tepuk tangan atau pujian setiap kali bayi mampu bergerak mendekati mainan tersebut.

· Berikan contoh cara merangkak. Bayi usia 8 bulan telah mampu melihat dan memperhatikan dengan baik orang – orang disekitarnya, terlebih orang tuanya. Untuk itu ada baiknya Anda memberi contoh dengan merangkak disampingnya, dengan demikian ia akan terpancing untuk mengikuti gerakan Anda secara bertahap.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.