Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cara Memotivasi Anak Agar Semangat Belajar

Baturaja Radio - Belajar sering terlihat sebagai beban bagi anak yang harus dihindari. Itu adalah salah satu hal yang membuat orangtua kesal saat menasihati anaknya untuk belajar. Selain itu, anak lebih suka nonton TV dan main games daripada harus mengerjakan pekerjaan rumah dari guru.

Tentunya tidak dengan cara memaksa anak, namun lebih pada memberi arahan dan dukungan sehingga anak merasa lebih nyaman melakukan segala kegiatan dan aktifitasnya. Berikut adalah caranya :

1. Memberikan dukungan

Dukungan orangtua sangat diperlukan anak. Contohnya, saat anak mendapat nilai jelek waktu ulangan,Anda tidak boleh langsung memarahinya. Sebaiknya tanyakan pada anak kenapa bisa dapat nilai jelek, kemudian beri jalan keluar.

2. Belajar Sambil bermain

Anda yang harus menerapkan cara belajar yang efektif untuk anak. Misalnya saja belajar bahasa inggris, Anda bisa mengajarkannya melalui film kartun atau lagu anak-anak yang menggunakan bahasa inggris.

3. Tetapkan jam belajar

Anda harus membuat aturan yang disepakati oleh anak. Misalnya, belajar 1 jam pada sore hari sebelum bermain dan malam hari sebelum tidur. Tetap beri kebebasan pada anak untuk bermain, nonton TV, makan dan istirahat. Dengan sendirinya anak akan terbiasa dengan apa yang harus dia lakukan pada jam-jam tersebut.

4. Menjadi contoh yang baik bagi anak

Agar anak rajin belajar, Anda harus memberinya contoh yang baik bagi anak. Saat anak sedang belajar sebaiknya Anda tetap disampingnya sambil membaca buku atau majalah. Jangan sampai anak sedang belajar justru Anda asyik nonton TV.

5. Merayakan keberhasilan

Saat anak mendapatkan prestasi disekolahnya jangan sungkan untuk memujinya. Sekecil apapun keberhasilan yang diraihnya itu. Jika perlu Anda juga bisa mengajaknya makan makanan. Dari situ anak bisa termotivasi untuk terus belajar lagi dan lagi.
Sumber : pondokibu.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.