Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cara Mudah Beternak Belut dengan Sukses

Baturaja Radio - Selama ini mungkin yang kalian kenal hanyalah ternak kambing, sapi, maupun jenis ikan seperti ikan lele. Nah pada kesempatan ini kami akan berbagi inforamsai mengenai cara beternak hewan yang mungkin masih jarang dilakukan. Belut, pastinya kalian tidak asing dengan hewan yang satu ini bukan? Belut merupakan hewan yang terkenal akan kelezatan dagingnya dan juga protein yang cukup tinggi. 
Untuk beternak belut, ada beberapa cara yang harus diperhatikan.

Langkah beternak belut

Penyiapan media ternak


Untuk beternak belut kita dapat menggunakan beberapa media, diantaranya adlah media tong dan media sawah. Untuk media tong, kita bisa menggunakan tong yang berukuran besar yang kemudian diisi air dan beberapa daun air. Sedangkan untuk media sawah kita hanya perlu meletakkan belut-belut yang akan kita ternak ke dalam petak-petak sawah.
Pemberian pakan

Pemberian pakan untuk belut tidak perlu terlalu sering yaitu pada saat sore hari. Hal ini dikarenakan belut merupakan jenis hewan nokturnal yang lebih aktif pada saat malam hari dan di siang hari mereka lebih banyak diam at bahkan tidur. Hal inilah yang membuat banyak masyarakat tertarik beternak belut karena biaya pakannya yang rendah dibandingkan hewan lain seperti iakan lele, mujair, bandeng, dan beberapa hewan air lainnya.

Jenis pakan

Pakan belut berupa hewan-hewan berukuran kecil seperti bekicot, keong sawah, cacing sutra, dan beberap jenis ikan-ikan kecil. Untuk menambah nutrisi agar belut dapat tumbuh denganc epat, kita bisa menambahkan pakan tersebut dengan pelet.
Perawatan

Perawatan yang wajib dilakukan terutama saat belut berubah kelamin yaitu pemberian pakan yang lebih banyak karena pada saat itu belut mempunyai nafsu makan yang tinggi dan juga memiliki sifat kanibal. Oleh karena itu makanan belut tidak boleh kurang.
Sumber :  caraternak.info

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.