Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

6 Nutrisi untuk Pertumbuhan Anak

Baturaja Radio - Apa saja, sih, yang dibutuhkan anak-anak usia sekolah selama masa pertumbuhannya? Tentu saja banyak, terutama kebutuhan nutirisi harus terpenuhi sesuai usianya agar anak sehat dan cerdas.

“Semakin meningkat usia anak, kebutuhan pun makin banyak,” kata dr Pauline Endang Praptini, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinis dari RS Fatmawati, Jakarta, saat menyampaikan workshop tentang Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS) di Gedung Seremanis, jalan KH Agus Salim, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut dr Pauline, ada enam hal yang dibutuhkan anak agar pertumbuhannya bagus.

1. Energi
tenaga yang berasal dari makanan yang dikonsumsi seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Kebutuhan tersebut berbeda-beda dipengaruhi berat badan, tinggi badan, usia, dan aktivitas anak.

2. Protein
Sebagai zat pembangun pembentukan sel darah, perbaikan kerusakan sel, membentuk imunitas tubuh, pembentukan hormon dan enzim. Diperoleh dari protein hewani (ikan, ayam, daging sapi, susu, telur), dan protein nabati (kacang-kacangan, tempe, dan tahu).

3. Lemak
Penghasil energi terbesar. Sebagai bahan pembentukan sel baru dan kolesterol. Contohnya minyak kelapa sawit, susu (jenuh), mentega (lemak trans), dan tak jenuh misalnya alpukat, minyak jagung, ikan salmon, gindara, atau kakap.

4. Karbohidrat sederhana
Dianjurkan hanya 5 persen dari energi total seperti gula pasir, gula batu, gula jawa, dan madu. Sementara karbohidrat kompleks mengandung serat seperti beras, sereal, umbi-umbian, sayur, dan buah.

5. Serat yang larut dalam air dan bersifat sebagai prebiotik. 
Fungsinya memberi nutrisi sel usus untuk mencegah diare atau sembelit. Sedangkan serat tak larut adalah serat yang tidak larut dalam air, memperbesar volume feses, mempermudah proses pembuangan, dan mencegah munculnya wasir.

6. Air
Tergantung usianya. 
Usia 4-6 tahun membutuhkan sekitar 1.500 ml air/hari, usia 13-15 tahun 2.000 ml/hari. Semakin tinggi usianya, makin banyak air yang dikonsumsi.
Sumber : www.tabloidnova.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.