Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

3 Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama

Baturaja Radio - Laptop adalah benda yang saat ini sangat dibutuhkan, dan karena itu sudah banyak sekali orang yang memiliki dan menjadikannya sebagai penunjang berbagai aktivitas yang dilakukan, baik belajar maupun bekerja. Karena fungsi dan manfaatnya yang sangat penting, maka kita harus bisa menjaga dan merawat laptop agar tetap awet dan berfungsi dalam waktu yang cukup lama.
 
Artikel kali ini akan membahas tentang cara merawat laptop agar tetap awet. Dengan mengetahui informasi ini, Anda bisa menghindari kemungkinan laptop yang mudah rusak, mudah error, dan sering sekali mengalami masalah.

1. Hindarkan dari sinar matahari langsung


Karena fungsi laptop yang seringkali digunakan secara portable atau mudah dibawa kemana mana, banyak orang menggunakan perangkat ini di luar ruangan. Jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan laptop di luar ruangan, misalnya di kafe outdoor, atau halaman rumah, pekarangan rumah belakang, maka pastikan laptop terhindar dari sinar matahari langsung.

Bagian terpenting yang harus terhindar adalah monitor, karena kalau bagian tersebut terlalu banyak mendapatkan paparan sinar matahari langsung, ditakutkan bagian dalam perangkat akan mengalami penambahan suhu panas yang akan menyebabkan kerusakan pada bagian hardware.

2. Hindari memindahkan laptop pada saat menyala


Walaupun tidak terlihat secara langsung, bagian dalam laptop terutama hard disk akan terus beroperasi selama laptop menyala, yaitu piringan hard disk akan terus berputar melakukan siklus kerjanya. Jika laptop mengalami benturan, gerakan yang tidak stabil seperti pemindahan laptop, dan hal lain yang tidak terduga akan mengganggu perputaran tersebut yang akan menyebabkan kemungkinan piringan dari hard disk mengalami kerusakan. Oleh karena itu, saat laptop menyala sebaiknya hindari benturan, hindari untuk memindahkannya, dan hindari gerakan tidak terduga yang akan mengganggu rotasi hard disk dan sistem kerjanya.

3. Matikan laptop apabila tidak digunakan


Membiarkan laptop tanpa digunakan dalam keadaan hidup atau menyala adalah hal yang sebaiknya dihindari, karena umumnya setiap perangkat memiliki kapasitas penggunaan maksimal hingga kinerja perangkat menjadi berkurang. Oleh karena itu, untuk menghemat kapasitas yang tersedia, maka cara merawat laptop agar tetap awet adalah dengan mematikan laptop saat tidak digunakan.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai cara merawat laptop agar tetap awet. Silahkan dicoba dan dijadikan kebiasaan. Semoga bermanfaat
Sumber : tipskomputergadget.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.