Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cara Mengobati Diare Secara Alami Dengan Cepat

Baturaja Radio - Cara mengobati diare secara alami ternyata dapat dilakukan dengan cepat pada anak maupun pada orang dewasa karena cara ini aman dan terbukti ampuh. Meskipun demikian sayangnya cara tersebut jarang diketahui orang, untuk itu kali ini saya akan berbagi beberapa tips mengobati diare secara alami tersebut. Saat ini mungkin banyak orang akan memilih menggunakan obat diare yang sudah banyak dijual ditoko maupun apotek. Tapi tentu saja obat tersebut mengandung bahan kimia dan kita tidak akan tahu apa efek sampingnya untuk kesehatan kita. Nah sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengobati diare secara alami, ada baiknya ketahui terlebih dulu seluk beluk penyakit yang satu ini ya.
 
Diare merupakan penyakit yang mengakibatkan penderita akan buang air besar setidaknya minimal tiga kali dalam sehari. Selain itu, saat diare maka tinja akan berubah menjadi lembek atau cair. Bagi anda yang menderita diare sebaiknya jangan menganggap enteng penyakit ini, karena di Negara berkembang, diare merupakan salah satu yang menyebabkan kematian, baik balita maupun orang dewasa.

Faktor penyebab diare pun sangat beragam dan mungkin belum pernah anda ketahui. Beberapa penyebabnya yakni seperti kelebihan vitamin C, adanya gejala dari luka, atau bisa juga karena mengkonsumsi makanan yang mempunyai rasa asam atau terlalu pedas. Namun pada kebanyakan kasus diare disebabkan karena adanya infeksi virus dan bakteri.

Agar anda selalu sehat dan terhindar dari diare anda dapat memulai dengan kebiasaan yang cukup sepele, yakni dengan selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan atau setelah memegang benda kotor. Karena tangan anda merupakan bagian tubuh yang paling sering melakukan kontak langsung dengan benda lain, bisa dikatakan tangan merupakan salah satu bagian bersarangnya bakteri.

Cara mengobati diare pada anak dan orang dewasa tentunya berbeda, namun tetap dapat diobati dengan cara alami. Beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan yakni seperti daun jambu biji, teh, air putih, kunyit, dan masih banyak lagi. Nah seperti apa caranya ? Berikut ini beberapa cara mengobati diare secara alami tersebut.

Cara mengobati diare pada anak :

1. Oralit


Saat bayi anda menderita diare, anda dapat membuatkan dia obat alami, obat tersebut yakni campuran antara garam, gula, dan air. Larutan yang disebut oralit ini bermanfaat untuk mengganti garam tubuh yang hilang akibat diare.

2. Beri asupan cairan yang mencukupi

Dehidrasi merupakan efek samping paling bahaya ketika menderita diare. Jika bayi anda tidak tergantung pada ASI maka berikan cairan untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, namun apabila tergantung pada ASI, maka teruslah berikan ASI secara teratur.

3. Berikan makanan yang mudah dicerna

Ketika bayi anda menderita diare anda dapat juga memberikan makanan seperti nasi lembut, pisang, atau bubur. Karena beberapa makanan tersebut mudah dicerna oleh tubuh sang bayi, jangan memberikan makanan yang sulit dicerna seperti sereal atau semacamnya.

4. Berikan air


Air bermanfaat untuk meredakan sakit perut yang diderita bayi, selain itu air juga dapat melepaskan gas dari perut bayi. Jadi jangan lewatkan cara yang satu ini untuk menangani diare pada bayi.

NB : Setidaknya perlu waktu sekitar 3 hari untuk perut bayi kembali normal. Apabila masih mengeluarkan tinja encer dan terdapat bercak darah sebaiknya segera dibawa ke dokter, ingat diare bukan penyakit sepele.

Cara mengobati diare pada orang dewasa

1. Konsumsi air putih

Air putih bermanfaat untuk membantu mengeluarkan bakteri dalam tubuh, selain itu air putih juga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi. Namun sebaiknya imbangi konsumsi aIr putih dengan elektrolit, karena apabila terjadi ketidakseimbangan elektrolit makan dapat menyebabkan keracunan air.

2. Konsumsi teh


Teh ternyata dapat memenangkan perut dan mengatasi nyeri. Anda dapat mengkonsumsi teh apapun, teh hijau, respberry, chamomile, atau teh lainnya.
 
3. Daun jambu biji

Caranya yakni rebus 15-30 gram daun jambu biji kering dengan air sebanyak 150-300ml. Tunggu sampai mendidih, setelah mendidih jangan langsung diangkat, tapi biarkan tetap direbus selama 15 menit. Nah setelah itu saring air rebusan tersebut dan minum airnya.
 
4. Kunyit

Caranya yakni parut 4 ruas jari kunyit lalu masukkan kedalam 1/2 gelas air panas, aduk lalu tutup. Diamkan selama 15 menit kemudian konsumsi air tersebut. Anda juga dapat menambahkan gula jawa secukupnya.

NB : Apabila masih menderita diare dalam beberapa hari sebaiknya segera ke dokter untuk penanganan lebih serius.

Nah itulah beberapa cara mengobati diare secara alami yang dapat anda coba. Dengan cara diatas anda tidak perlu gegabah dan langsung mengobati dengan obat yang mengandung bahan kimia. Namun apabila cara diatas belum juga memberikan hasil maka segera periksakan ke dokter, karena diare tidak dapat dianggap enteng. Demikian sedikit informasi tips cara mengobati diare secara alami ini, semoga dapat bermanfaat dan semoga lekas sembuh .
Sumber : kesehatan-n-kecantikan.blogspot.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.