Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Agar Stamina Tak Kendur Saat Lembur


Baturaja Radio - BEKERJA delapan jam sehari sudah membuat tubuh lelah. Namun kadang kala, banyaknya pekerjaan membuat waktu kerja delapan jam tidak cukup.
Alhasil, Anda terpaksa melembur. Bekerja di jam normal dengan saat lembur tentu berbeda. Saat memasuki jam lembur, kondisi fisik pastinya sudah menurun karena sudah dikuras sejak pagi hingga sore. Memasuki malam hari, tubuh secara otomatis meminta waktu istirahat setelah seharian dipekerjakan. Kelelahan tak bisa dihindari. Hati-hati, bila terlalu memaksakan diri, kesehatan jadi taruhannya. Jangan sampai Anda jatuh sakit gara-gara lembur hingga larut malam. Bagaimana agar stamina tak kendur saat harus lembur?
Ambil jeda
Bekerja lembur, bukan berarti Anda terus duduk di meja kerja dari pagi hingga malam tanpa henti. Bila sudah berencana lembur, sebaiknya Anda mengambil sedikit waktu luang di sore hari ketika jam kerja normal usai untuk beristirahat sejenak.
Bersantai sambil mengobrol santai dengan rekan kerja atau tidur selama beberapa menit akan memberi kesempatan tubuh untuk melakukan penyegaran. Dengan istirahat sejenak, Anda memberi kesempatan tubuh mengisi tenaga baru. Dengan begini, Anda tak akan cepat lelah saat bekerja lembur. Ingat, tubuh Anda bukan mesin yang bisa bekerja berjam-jam tanpa istirahat. Bahkan mesin pun harus sesekali diistirahatkan agar tak panas dan cepat rusak.
Makan dan minum
Terkadang kesibukan bekerja membuat Anda mengabaikan makan dan minum. Karena terlalu sibuk, Anda makan seadanya, terburu-buru, atau bahkan tidak makan. Alih-alih bekerja dengan baik, melupakan makan justru memperburuk pekerjaan Anda. Anda bisa terserang penyakit gangguan pencernaan seperti mag atau terkena dehidrasi.
Saat lembur, tubuh tentu butuh ekstra asupan makanan. Makanlah makanan bergizi dan banyak meminum air putih untuk mencegah dehidrasi. Menyelingi bekerja dengan ngemil juga akan membuat Anda bisa terjaga hingga malam. Pilihlah camilan sehat seperti buah-buahan. Saat makan malam, usahakan tidak terlalu banyak menyantap makanan yang mengandung karbohidrat dan gula, karena akan membuat Anda mengantuk.
Relaks
Semakin malam, selain tubuh yang semakin lelah, mata yang mengantuk, Anda juga sudah merindukan hangatnya rumah dan orang-orang tersayang. Anda pun panik mengingat malam semakin larut. Alhasil, Anda terburu-buru ingin menyelesaikan pekerjaan sehingga otot dan otak tegang. Santai. Semakin Anda panik, semakin otak sulit berkonsentrasi.
Selesaikan pekerjaan dengan relaks, tenang, dan tidak terburu-buru. Bekerja dengan tenang juga akan meminimalkan kesalahan. Jika otot-otot sudah mulai terasa tegang, istirahatlah sejenak. Alihkan perhatian dari layar komputer. Lakukan peregangan, minum air, atau berjalan-jalan sejenak agar otot kembali kendur.
Dengarkan musik
Mendengarkan musik akan memberikan suasana relaks dan menyenangkan. Putarlah lagu-lagu kesukaan Anda. Tetapi ingat, usahakan agar volume musik Anda tidak mengganggu orang lain. Agar lebih aman, gunakan earphone atau headset ketika mendengarkan musik. Anda bisa bekerja sambil bersenandung sehingga tidak cepat bosan dan mengantuk. Tapi ingat, jangan bernyanyi keras-keras seperti di kamar mandi.
Cari hiburan
Saat lembur telah membuat Anda penat, sedikit hiburan mungkin akan menjadi obat pereda. Anda bisa mencari hiburan dengan menonton video-video lucu, membaca bacaan-bacaan ringan dan lucu di internet, atau bercanda dengan rekan-rekan di kantor. Terkadang hal-hal lucu akan menimbulkan ide-ide kreatif. Dan dengan tertawa tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang memberikan efek bahagia sehingga penat menghilang pelan-pelan. Selamat lembur!
Sumber: www.tabloidbintang.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.