Header Ads

Tips Membedakan GULA AREN ASLI dan PALSU


Baturaja Radio - Makanan dan minuman yang terbuat dari campuran Gula aren memang sangatlah enak seperti Rujak, Es dawet, campuran kopi dan sebagainya. 

Gula aren palsu yang diproduksi oleh pabrik nakal terbuat dari :
  • gula bekas (gula yang sudah disimpan lama biasanya sudah lembek)
  • Terigu
  • Gula sintesis (Siklamat)
  • BORAKS ( Pengeras)
Padahal Gula aren itu yang asli hanyanya dari Air Nira yang dimasak dan menggumpal menjadi merah dan siap di sajikan dan tentunya agan semua tidak bisa banyak produksinya dibandingkan dengan produsen nakal yang bisa mencapai 1-2 kwintal, Nah pasti kita bertanya-tanya bagaimana caranya membedakan antara keduanya..???. Mungkin dengan pengujian laboratorium sangatlah gampang dengan mendeteksi kadar boraks, lalu bagaimana dengan kita sebagai orang awam untuk membedakannya.

Cara membedakannya secara fisik adalah :
  • Gula aren asli, tesktur lebih halus dibandingkan gula aren palsu. Gula aren palsu jika agan pegang akan berbutir-butir dan kasar.
  • Gula aren asli, rasa manisnya seperti rasa legit dan tidak membuat kita batuk, namun gula aren palsu..rasanya sangatlah manis (maklum dech gula sintesis) dan agak pahit
  • Gula aren asli,jika dipotong tidak ada semacam poros atau lubang-lubang, namun kalau yang palsu lubang-lubang bertebaran.
  • Tapi kalau sudah dibuat minuman, didalamnya, ini masalahnya, kita tidak bisa membedakan lagi hiks hiks hiks hiks.
Begitu sekilas info, semoga bermanfaat, apalagi Bulan Puasa kali ini, konsumsi gula aren meningkat pesat.
Sumber: www.cari-tau.com

1 komentar:

  1. Makanan yang kita makan setiap hari ternyata tidaklah sehat. Beras mengandung pemutih, jagung dan sayuran serta buah menggunakan peptisida dan rekayasa genetika. Ikan mengandung boraks bahkan garam yang biasa ada didaput adalah hasil kimia murni yang seharusnya mengandung 81 mineral karena diolah menggunakan bahan kimia hanya tinggal mengandung 2 mineral plus yodium. Sabun, shampo mengandung bahan kimia yang terserap melalui kulit kita. Pasta gigi yang kita pakai pastinya juga setiap hari termakan tanpa sengaja juga mengandung bahan kimia. Obat nyamuk untuk mengusir nyamuknpun kita hisap setiap malam. Itulah sebabnya tidak ada lagi atau jarang orang yang berumur panjang. Dan biasanya kita akan terkena penyakit jantung, stroke, usus, liver, ginjal, paru-paru, penyempitan pembuluh darah dan lain sebagainya ditambah lagi kita selalu makan dengan minyak jenuh yang berbahaya setiap harinya...semoga kita menyadarinya dan merubah pola hidup kita menjadi pola hidup yang lebih sehat.

    Salam

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.