Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Tips Menahan Rasa Lapar

Baturaja Radio - Seringkali rasa lapar datang di luar jam makan. Tangan sering 'iseng' ingin memasukkan keripik lezat dan mengunyahnya, atau tergoda memanggil tukang es krim yang lewat di depan rumah saat Anda sedang bengong. Jika sudah begini, Anda akan mengasup kalori ekstra. Tak hanya membuat angka timbangan naik, banyaknya asupan makanan tak sehat (yang terasa) tidak baik untuk kesehatan Anda.



- Cari Tahu Anda Lapar Karena Apa

Wanita lebih mudah merasa lapar saat dia sedang stres, sedih, kesepian dan bosan. Padahal lapar ini tidak berhubungan dengan kebutuhan tubuh untuk segera mengasup makanan. Jika hal itu sedang melanda Anda, maka bisa jadi itulah alasan mengapa Anda sering merasa lapar di luar jam makan dan tidak bisa menahan godaan untuk menikmati makanan lezat.

Jika Anda sering merasa ada yang mengganjal pada hati dan pikiran, tuangkan dalam catatan harian. Tuliskan bagaimana perasaan Anda. Jika Anda sedang stres, lakukan olahraga ringan, olahraga terbukti dapat membuat pikiran lebih tenang. Dua cara itu lebih baik daripada melampiaskan emosi pada makanan.

- Pilih Sarapan Kaya Serat Dan Protein

Seseorang sering merasa lapar setelah menikmati sajian yang penuh dengan karbohidrat yang mengenyangkan. Hal ini disebabkan karena karbohidrat olahan dapat menghasilkan gula darah yang pada akhirnya membuat seseorang makin merasa lapar. Jika Anda makan donat sebagai menu sarapan, jangan heran bila nafsu makan makin besar menjelang siang hari.

Untuk menstabilkan gula darah dan menekan nafsu makan, ganti menu sarapan Anda dengan menu kaya serat dan mengandung protein. Misalnya saja semangkuk oatmeal yang dicampur dengan kacang atau roti gandum yang diberi telur dadar. Maka Anda akan kenyang lebih lama dan tidak rakus saat jam makan siang tiba.

- Atasi Lapar Dengan Air

Banyak orang yang salah mengartikan sinyal haus sebagai lapar. Untuk membedakan keduanya, Anda bisa meminum segelas air dan menunggu beberapa menit. Jika rasa lapar Anda menghilang, berarti Anda hanya haus. Tetapi jika rasa lapar itu tetap ada, berarti Anda memerlukan asupan makanan.

- Sibukkan Diri Anda

Saat tidak ada kerjaan, tangan suka gatal mengambil segenggam keripik kentang atau memasukkan beberapa donat. Menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan akan mengalihkan perhatian Anda dari berbagai makanan yang 'ingin' Anda makan, bukan karena lapar. Telepon teman Anda, cek inbox email, jalan santai, bermain games atau hal-hal lain. Anda akan mendapati diri Anda sebenarnya tidak lapar, hanya bosan karena tak ada kegiatan.
Sumber : www.vemale.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.