Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Tanda-tanda Stres

Baturaja Radio - Stres memang  merupakan konsekuensi hidup sehari-hari. Sayangnya, kerap kali stres juga menimbulkan gejala  menyakitkan lainnya. Berikut beberapa tanda stres yang perlu Anda ketahui.
Jerawat Gawat
Ketika kulit dihiasi beberapa jerawat, bisa jadi ini disebabkan oleh hormon. Akan tetapi stres juga bisa menjadi penyebabnya. Stres yang sulit diatasi juga menyebabkan perubahan keseimbangan kulit yang mengakibatkan jerawat bermunculan.  Cobalah lebih menerima situasi dan lebih santai menghadapi persoalan.
Teman Terlihat Menyebalkan
 Suatu ketika, Anda melihat teman-teman yang menjadi menyebalkan tanpa sebab.  Bisa jadi ini disebabkan situasi yang membuat Anda terlalu stres. Stres memang dapat membuat seseorang menjadi lebih pengomel dan tidak sabaran.
Cobalah lebih banyak tersenyum dan tertawa bahkan ketika Anda merasa rekan-rekan membuat Anda sebal.  Tertawa adalah salah satu cara terbaik menghilangkan stres.
Selalu Capek
Ketika mendengar sebuah musik apakah Anda merasa bersemangat atau justru merasa mengantuk? Jika Anda merasa capek berlebihan, stres bisa menjadi salah satu permasalahannya. Stres yang berkepanjangan juga dapat menghisap semangat sehingga Anda merasa capek dan sedih.
Mengatasinya, cobalah berolah raga. Menari, berlari bahkan melakukan beberapa latihan juga dapat membuat Anda lebih relaks, berenergi dan memperbaiki mood. Dalam beberapa jam, perasaan Anda akan menjadi lebih baik.
Jantung Berdetak Kencang
Jantung berdetak kencang bukan hanya karena kejutan. Ketika tubuh menghadapi  situasi sulit seperti stres, juga kan membuat kewaspadaan menjadi meningkat juga detak jantung. Pandangan menjadi lebih jernih, otot menjadi lebih tegang oleh aliran darah dan keringat menjadi sedikit berlebih dan dingin.
Mengatasinya, cobalah lebih santai dan bicarakan dengan orang lain untuk membagi kekhawatiran-kekhawatiran.
Selera Makan Meningkat
Menjadi gila makan adalah salah satu gejala stres berlebih. Anda mungkin akan sulit menolak junk food atau tak pernah merasa kenyang. Dalam pemikiran orang stres, memakan junk food juga dapat menjadi pembangkit energi.
Mengatasinya, ketika merasa stres cobalah pilih makanan sehat seperti buah, sayuran dan gandum utuh. Kombinasikan makanan dengan sumber protein untuk memenuhi rasa lapar, seperti , keju rendah lemak.
Luka Seputar Mulut  
Anda mendapati nyeri di area mulut seperti bibir pecah-pecah hingga sariawan, bisa jadi ini pertanda stres. Stres dapat memacu mereka muncul. Pada penderita kanker mulut, stres dapat membuat mereka muncul lebih cepat.
Sebaiknya temui dokter untuk mendapatkan penanganan. Atau Anda bisa mencoba meredakan stres dengan berbicara, mendengarkan musik atau berjalan diluar ruangan.
Sakit Kepala
 Stres dapat memicu ketegangan otot kepala, punggung hingga leher . Hingga pada akhirnya menyebabkan sakit kepala atau ketegangan di sekitar kepala.
Cegahlah sebelum terjadi. Lakukan beberapa gerakan relaksasi setelah melakukan posisi kurang nyaman terlalu lama. Seperti saat bekerja di depan komputer dan menelpon terlalu lama. Putar bahu ke depan dan kebelakang untuk mengendurkan otot yang tegang. Gerakan ini juga dapat memperlancar sirkulasi darah dan memperbaiki fokus.
Sakit Perut
Sakit perut juga dapat disebabkan oleh stres. Syaraf yang berkaitan dengan usus dan lambung dapat menghantarkan sinyal nyeri ketika Anda merasa stres.
Atasi dengan menenangkan pikiran dan ambil nafas panjang. Letakkan tangan di atas perut dan bernafas dengan hidung. Rasakan perut mengembang mengempis sembari bernafas. Tetaplah bernafas perlahan. Lakukan selama 10 hingga 20 menit setidaknya dua kali sehari. Anda akan merasakan energi yang lebih tenang.
Sumber : tabloidnova.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.