Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Enam Sniper Disebar di Jalinsum-Amankan Jalur Mudik

Baturaja Radio  - Kepolisian Resor (Polres) Ogan Komering Ulu (OKU) menyebar enam sniper (penembak jitu) di sepanjang jalan lintas Sumatera (Jalinsum) pada musim mudik mendatang.

Hal itu dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik ketika melintas, terutama di daerah rawan tindak kriminalitas. Kepala Bagian Operasional Polres OKU Kompol Afria Jaya S didampingi Kabag Humas AKP Maman Sumantri menjelaskan, para sniper akan dikerahkan di sepanjang Jalinsum sejak H-7 hingga H+7 Idul Fitri.

“Mereka semua adalah personel yang terlatih dari Brimob Polda Sumatera Selatan (Sumsel),” kata Jaya seusai rapat koordinasi persiapan Operasi Ketupat Musi 2012 di Aula Polres kemarin. Selain para personel Brimob, pengamanan juga akan dilakukan aparat kepolisian, TNI Angkatan Darat, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).Mereka akan bersiaga di lima posko mudik Lebaran di OKU bersama petugas Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas kesehatan (Dinkes).

“Total personel yang bertugas berjumlah 365 orang.Khusus personel polres dikerahkan 152 orang yang disebar di lima titik pos. Selama Operasi Ketupat, anggota selalu berjaga 1 x 24 jam secara ber-giliran,”ucapnya. Lima pos yang dimaksud yakni Pos Pam Yan SP III Batumarta, Pos Pam Yan Ramayana, Pos Pam Yan Stasiun KA, Pos Pam Yan SPBU Batu Kuning, dan Pos Pam Yan Simpang Ulu Ogan.

Adapun untuk kawasan perlintasan kereta api, berkoordinasi dengan instansi terkait, juga disiagakan personel untuk berjaga-jaga, terutama perlintasan yang tidak me-miliki palang pintu. “Untuk kawasan OKU saja terdapat enam perlintasan, dua di antara memiliki palang pintu, sementara empat lainnya tidak ada. Untuk kawasan perlintasan yang tidak ada palang pintu itulah menjadi fokus penjagaan,”ucapnya.

Sementara itu,Kepala Satpol PP OKU Agus Salim mengatakan, pihaknya telah menyiagakan anggotanya dalam melakukan pengamanan selama Ramadan hingga Lebaran. “Sejak awal Ramadan, kita sudah melakukan pengamanan kawasan yang kita anggap perlu, seperti aset vital,”katanya.

Lapor Ketua RT

Sementara itu,untuk warga yang pulang kampung,Kompol Afria Jaya S mengimbau agar sebelum mudik, yang bersangkutan melapor kepada ketua RT/kades setempat.“Minimal menitipkan rumah yang ditinggal dengan tetangga dan saudara,”kata dia. Selain itu, warga diminta menyalakan lampu di rumahnya masing-masing selama ditinggal mudik. “Kami juga akan mengerahkan personel khusus untuk melakukan patroli di perkampungan penduduk dan perumahan selama Lebaran,”ujarnya. 
sumber : seputar-indonesia.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.