Pilkades Serentak di OKU Selatan Digelar Awal Oktober 2021 Diikuti 73 Desa, Anggarannya 2,5 Miliar

Pilkades Serentak di OKU Selatan Digelar Awal Oktober 2021 Diikuti 73 Desa, Anggarannya 2,5 Miliarbaturajaradio.com - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyaraka dan Pemerintah Desa (PMPD) OKU Selatan, Juproni SPdi MSi, mengatakan pilkades serentak di Bumi Serasan Seandanan digelar pada 6 atau 7 Oktober 2021.

Dikatakannya, terdapat 73 desa di Kabupaten OKU Selatan akan melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak.


“Dari 19 kecamatan yang ada di OKU Selatan ada 73 desa yang terdiri dari 17 Kecamatan yang akan melaksanakan pilkades serentak,” tutur Juproni, Kamis (27/5/2021).


Untuk menyukseskan pilkades serentak Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dengan menjunjung tinggi demokrasi, Dinas PMD telah melakukan rapat lintas sektoral dan telah menetapkan jadwal dan tahapan melalui sosialisasi, pembentukan panitia, hingga pendaftaran calon kepala desa.


“Insha Allah pada bulan Juni bulan depan kita sudah melaksanakan sosialisasi, bulan Juli pembentukan panitia dan Agustus pendaftaran calon kepala desa,” ujarnya.

Perihal batas jumlah kandidat, Juproni mengatakan jumlah kandidat dalam pilkades serentak di OKU Selatan maksimal diikuti lima calon kepala Desa. Apabila lebih dari lima alan dilakukan seleksi. 


“Jika pendaftar calon kepala desa lebih dari lima maka akan diadakan beberapa tes meliputi tes Bahasa Indonesia, PKN dan beberapa tes melalui perangkingan, selebihnya akan kita gugurkan," terangnya.


Adapun persyaratan mendaftar menjadi kandidat calon kades berijazah SMP sederajat dan suatu desa tidak dapat melangsungkan pilkades jika hanya terdapat satu calon.


Pemerintah Kabupaten OKU Selatan telah menganggarkan pelaksanaan pilkades serentak tahun 2021 ini sebesar Rp 2,5 milyar bersumber dari dana APBD termasuk untuk pengamanan.



(https://palembang.tribunnews.com/2021/05/27/pilkades-serentak-di-oku-selatan-digelar-awal-oktober-2021-diikuti-73-desa-anggarannya-25-miliar)






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.