Arus Balik, Ratusan Pemudik Jalani Tes Swab Antigen di Pos Balonggandu

Pemudik jalani tes swab antigen

baturajaradio.com - Sejumlah pemudik dengan tujuan kembali ke Jakarta dan daerah lainnya mulai ramai melintasi kawasan Karawang. Mereka juga menjalani tes swab antigen di Posko Balonggandu, Karawang yang dilakukan petugas secara acak.

Pantauan detikcom, Senin (17/5/2021) sekitar pukul 21.00 WIB, terlihat terjadi antrean panjang di Posko Balonggandu saat pemudik diarahkan petugas untuk melakukan pemeriksaan. Mereka mengantre untuk mendapat giliran tes swab antigen.

Korsatpol UPPKB Balonggandu Abdul Syukur mengatakan pemudik yang menjalani tes swab antigen berjumlah 300 orang. Sebagian besar mereka adalah pemudik yang menggunakan sepeda motor.

"Kurang lebih 300 kendaraan roda dua, yang diarahkan masuk ke posko Balonggandu," ungkap Syukur saat ditemui di lokasi.

Dia mengungkapkan, berdasarkan data yang ada dari tanggal 15 hingga 17 Mei 2021 pukul 16.00 WIB ada sebanyak 3.204 pemudik yang menjalani tes swab antigen. Dari jumlah tersebut sebanyak 3.193 orang dinyatakan negatif dan 11 dinyatakan positif.

"Tanggal 15 Mei diperiksa 1.405 orang, dan positif 3 orang. Terus 16 Mei ada 1.142 orang, positif 6 orang, kemudian, tanggal 17 mei sampai pukul 18.00 WIB, jumlah diperiksa 266 orang, positif 1 orang," katanya.

Menurutnya para pemudik cukup antusias mengikuti tes swab antigen yang dilakukan petugas. Para pemudik, kata dia, cukup terbantu dengan tes kesehatan tersebut.

"Banyak pemudik yang merasa terbantu, karena tes gratis ini, tidak ada konfrontasi dari para pemudik," ucapnya.

Dia menyebut tes swab antigen ini merupakan syarat untuk bisa masuk ke Jakarta. Sehingga mereka mau melakukan tes swab antigen untuk memastikan kondisi kesehatan juga demi kelancaran saat akan masuk Jakarta atau keperluan kerja.

"Hasil Swab ini, tentunya adalah syarat penting bagi pemudik, agar nantinya dipergunakan untuk keperluan masuk kerja, ataupun masuk ke wilayah ibu kota," ujarnya.

Di tempat sama, Mitfahudin (38), pemudik asal Cirebon, mengaku sangat terbantu denga tes swab antigen gratis dari pemerintah.

"Saya terbantu mas, lumayan gratis, daripada ke klinik bayar bisa nyampe Rp 200 ribu, ini juga buat syarat masuk perusahaan," katanya yang akan pulang ke Cikarang.

Sumber Artikel:: https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5572778/arus-balik-ratusan-pemudik-jalani-tes-swab-antigen-di-pos-balonggandu?tag_from=wp_nhl_4

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.