Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Tumis udang dan kubis.

 

13 Resep makanan sehat untuk jantung  Instagram/@resepkulineryummy  @dianprawestiBaturaja Radio.Com - Menjaga pola hidup dan mengonsumsi makanan sehat dapat menurunkan risiko penyakit. Pola makan yang sembarangan justru meningkatkan kerentanan tubuh terhadao penyakit. Salah satu organ yang dipengaruhi oleh pola makan yang kurang baik adalah jantung. Kandungan kolesterol dari makanan bisa mengganggu kinerja jantung.


Jantung tergolong organ vital dalam tubuh. Fungsinya untuk memompa darah dan menyebarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Jika organ tersebut terganggu, maka segala aktivitas dalam tubuh ikut terganggu. Beberapa masalah jantung di antaranya terjadi penyumbatan pembuluh di jantung. Hal tersebut bisa menyebabkan stroke hingga serangan jantung.

Untuk menghindari risiko penyumbatan saluran darah yang berujung pada serangan jantung, kamu perlu mengatur pola makan, berolahraga teratur serta menghindari rokok. Nah, beberapa cara melindungi jantung dari segi pola makan sehat yaitu rutin mengonsumsi makanan sehat untuk jantung yang sedikit mengandung lemak "jahat". Ada baiknya kamu memilih makanan dengan lemak tak jenuh untuk mengurangi kolesterol.

Kurangi asupan sodium juga harus jadi perhatian. Pasalnya, sodium bisa memengaruhi tekanan darah atau kerja dari jantung. Selain itu kamu juga harus bisa membatasi makanan ringan olahan, makanan panggang, makanan yang digoreng, produk susu lemak tinggi, dan daging yang tinggi lemak.

Ketika memasak sebaiknya dapat mengurangi kalori dengan cara seperti memanggang, mengukus, serta menggoreng menggunakan minyak zaitun. Hindari penggunaan mentega dalam menggoreng. Kamu juga bisa memilih bahan makanan sehat untuk jantung seperti sayuran, tahu, ubi jalar, kacang-kacangan, biji-bijian utuh, apel, anggur, alpukat, tomat, oatmeal, dan banyak lainnya.

Lalu apa saja resep makanan sehat untuk jantung? Yuk langsung simak bahan makanan sehat untuk jantung yang bisa kamu coba praktikkan untuk menu harian. Brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/11), berikut 13 resep makanan sehat untuk jantung, enak dan sederhana.

Bahan:

- 500 gr udang kecil bersihkan dan beri dengan air jeruk nipis
- 500 gr kubis potong kecil-kecil
- 1 buah bawang bombai rajang
- 3 buah bawang putih cincang halus
- 3 buah cabai keriting kering cincang halus
- 2 sdm kecap ikan
- 1 sdm minyak wijen
- Garam, gula, kaldu jamur bubuk, merica secukupnya
- Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
- Tumis bawang bombai dan bawang putih sampai wangi.
- Masukkan udang, cabai, kecap ikan, garam, gula, merica, dan kaldu jamur lalu tumis sampai udang matang.
- Masukkan kubis dan tumis hingga layu. Koreksi rasa.
- Terakhir tambahkan minyak wijen. Jika sudah matang matikan api.
- Angkat dan sajikan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.