Sosialisasikan Pembangunan ZI ke Warga

baturajaradio.com - Ketua Pengadilan Negeri (PN) Baturaja Agus Safuan Amijaya SH, MH mensosialisasikan pembangunan Zona Integritas (ZI) PN Baturaja kepada masyarakat. Sosialisasi ini juga diikuti Wakil Ketua PN Baturaja, para hakim, pegawai, serta tenaga honorer PN Baturaja.

Sosialisasi tersebut digelar untuk mengenalkan ZI PN Baturaja kepada masyarakat. “Pencanangan pembangunan ZI telah dilaksanakan pada 16 Januari lalu. Namun pembangunan ZI tetap dilakukan hingga saat ini,” kata Ketua PN Baturaja Agus Safuan Amijaya.

Ditambahkan Agus, PN Baturaja tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dalam sosialisasi tersebut. Oleh karena itu, PN Baturaja juga membagikan masker dan handsanitizer kepada masyarakat dan memasangkan stiker ZI pada kendaraan yang melintas di PN Baturaja.

“PN Baturaja juga mengenalkan beberapa inovasi berbasis teknologi yang telah diciptakan tim IT PN Baturaja guna memudahkan masyarakat menggunakan layanan di PN Baturaja,” sambung Agus.

Inovasi yang diciptakan PN Baturaja untuk memudahkan masyarakat menggunakan layanan pengadilan. Antara lain SIMPEL (Sistem Informasi Perpanjangan Penahanan, Permohonan Persetujuan dan Izin Sita-Geledah) yaitu inovasi yang diciptakan untuk memudahkan dalam proses pengajuan perpanjangan penahanan, persetujuan dan izin penyitaan dan penggeledahan secara online.

Kemudian SIBETA (Surat Izin Besuk Tahanan) yang diciptakan untuk memudahkan pihak keluarga mengajukan surat izin besuk tahanan secara online, SANDRA (Smart Asisten Data Perkara) yaitu inovasi untuk membantu masyarakat mengetahui data perkara, jadwal sidang, biaya perkara dan layanan PN Baturaja.

Selanjutnya, PANTAU yaitu inovasi yang bertujuan untuk membantu masyarakat memantau sisa biaya perkara di PN Baturaja, SUPEL (Survei Pengguna Layanan) yaitu inovasi untuk membantu pengguna layanan memberikan penilaian dan masukan terhadap pelayanan di PN Baturaja.  

Kemudian, SUPERAKSI (Survei Persepsi Anti Korupsi). Inovasi untuk memudahkan masyarakat memberikan penilaian dan masukan terhadap sikap dan tindakan pegawai dalam mencegah praktik korupsi di PN Baturaja.

Selain itu juga ada inovasi yang diciptakan oleh Mahkamah Agung RI yaitu E-Court yaitu inovasi untuk memudahkan Pemohon atau Penggugat untuk mendaftarkan perkara perdata dan melaksanakan persidangan secara elektronik di PN Baturaja.

Terakhir Eraterang yaitu inovasi untuk memudahkan masyarakat untuk membuat surat keterangan secara online, dimana inovasi-inovasi yang telah dibuat oleh PN Baturaja tersebut dapat langsung diakses melalui website PN Baturaja dan nomor Whatsapp.

“Semoga, PN Baturaja mendapat dukungan dari masyarakat Kota Baturaja agar selalu memberikan pelayanan prima bagi pengguna layanan, serta selalu berkomitmen untuk tidak melakukan praktik korupsi, kolusi dan nepotisme dalam memberikan pelayanan di PN Baturaja.

Sosialisasi tersebut mendapat respon positif dari masyarakat karena banyak masyarakat yang antusias untuk mengenal PN Baturaja dan inovasi yang telah diciptakan tersebut. (din)

Sumber Artikel::https://okes.co.id/2021/03/03/sosialisasikan-pembangunan-zi-ke-warga/2/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.