Absen di Bawaslu OKU Selatan Kini Cukup Selfie di Android, Finger Print Dinonaktfikan

Absen di Bawaslu OKU Selatan Kini Cukup Selfie di Android, Finger Print Dinonaktfikan


 Baturajaradio.com  --  Absensi di Bawaslu OKU Selatan yang memakai teknologi finger print dicemaskan menjadi media penularan Virus Corona.
Untuk itu, sebagai antisipasi, Sekretariat Bawaslu Kabupaten OKU Selatan menciptakan inovasi lewat media aplikasi android yang disebut wajib selfie untuk absensi kehadiran para pegawai.

Aplikasi yang dirancang Kasek Definitif Bahdozen SPd, MSi bersama seorang pengembang sfat Sandy di Bawaslu OKU Selatan diberi nama Shift Aplication yang telah digunakan sejak awal Januari 2021 sebagai rekap kehadiran para pegawai.

Meskipun sederhana, aplikasi ini yang dapat dijalankan lewat android ini sengaja dirancang agar sulit untuk dimanipulasi, seperti tidak dapat mengambil dari foto galeri dan secara otomatis mengaktifkan google maps ketika login untuk absen para pegawai.

"Karena akhir-akhir ini kasus Covid-19 terus meningkat, kita melakukan upaya penularannya terutama dari bidang absensi, dengan membuat aplikasi cukup dengan selfie kita ketahui pegawai disini hadir atau tidak," terang Kasek Bahdozen, Kamis (4/2/2021).

Bahdozen menjelaskan, berbeda dengan media absensi lainnya, aplikasi yang mereka gunakan para pegawai hanya perlu membuka aplikasi yang telah diinstall di handphone setiap pegawai masing-masing.

"Kelebihannya absensi tidak akan bersentuhan dengan orang lain dan lebih mudah merekap daftar hadir," tambahnya.

Saat ini lanjutnya, hanya Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), yang telah menerapkan sistem absensi wajib selfie terutama di Provinsi Sumateta Selatan (Sumsel) yang kini telah digunakan oleh 25 orang pegawai honorer dan PNS Bawaslu Kabupaten OKU Selatan.

Sementara untuk rekap tertulis setiap tiga puluh hari atau kurun waktu sebulan aplikasi tersebut mendata absensi kehadiaran pegawai.

Sedangkan terpantau media absensi sidik jari melalui fingerprint yang masih terpasang di Kantor, tepatnya sejak sebulan terakhir telah di non aktifkan pasca penerapan absesn wajib selfie tersebut.





(https://palembang.tribunnews.com/2021/02/04/absen-di-bawaslu-oku-selatan-kini-cukup-selfie-di-android-finger-print-dinonaktfikan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.