Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

15 Manfaat Bunga Pepaya, Bisa Cegah Stroke?


manfaat-bunga-pepaya-doktersehatBaturaja Radio.Com - Mendengar nama buah pepaya, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan sejumlah manfaat yang diberikan buah dengan daging berwarna oranye tersebut. Tahukah Anda jika manfaat pepaya ternyata tidak hanya terletak pada buah, tetapi juga bunganya? Simak informasi manfaat bunga pepaya berikut ini.

15 Manfaat Bunga Pepaya bagi Kesehatan Tubuh

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, manfaat bunga pepaya bagi kesehatan tubuh mungkin belum begitu familiar. Padahal, bunga pepaya juga memiliki khasiat yang tidak kalah banyak dengan buahnya, lho! Bunga pepaya dapat dijadikan pilihan obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut ini sejumlah keuntungan yang didapat dengan mengonsumsi bunga pepaya, kendati rasanya pahit.

1. Memperlancar Aliran Darah

Bunga pepaya memiliki semua zat yang diperlukan untuk memperlancar aliran darah di dalam tubuh kita. Tidak hanya itu, Anda yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa mengonsumsi bunga pepaya untuk menurunkan tekanan darah.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah pepaya dikenal memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Tidak hanya buahnya, ternyata bunga pepaya pun memiliki manfaat yang sama. Hal ini dimungkinkan karena bunga pepaya juga memiliki kandungan enzim papain yang memang berfungsi melancarkan sistem pencernaan dan mencegah konstipasi.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat bunga pepaya juga bisa dirasakan oleh Anda yang kini tengah menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. Sama seperti buah pepaya, bunga pepaya juga memiliki kadar karbohidrat yang terbilang sedikit.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Bunga pepaya mampu menghasilkan zat  fitokemikal  maupun senyawa kimia lainnya seperti flavonoid, sterol, tanin, serta polifenol. Zat-zat tersebut merupakan zat antioksidan yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol, di samping sifatnya yang anti-virus, anti-kanker, anti-mikroba, anti-alergi, dan anti-radang.

5. Mencegah Reumatik dan Peradangan Sendi

Mengonsumsi bunga pepaya secara rutin juga dipercaya mampu mencegah Anda dari peradangan sendi dan reumatik, meskipun bukti medis yang mendukung manfaat bunga pepaya ini belum banyak.
Tumbuk bunga pepaya sampai halus. Setelah itu, oleskan tumbukan tersebut ke bagian tubuh yang sakit. Diamkan selama kurang lebih 20 menit sampai rasa sakitnya mereda.

6. Menurunkan Demam

Selain minum obat-obatan penurun demam, Anda juga bisa mengonsumsi buga pepaya untuk menurunkan demam. Kendati sifatnya hanya sebagai obat herbal, bunga pepaya mengandung zat antipiretik yang memang berfungsi untuk mengatasi demam.

7. Meningkatkan Jumlah Trombosit

Akhir-akhir ini, sedang marak kasus demam berdarah (DBD) akibat kondisi cuaca yang ekstrem. Jika kebetulan Anda atau kerabat menjadi salah satu pasien DBD, alangkah baiknya jika mengonsumsi bunga pepaya. Bunga pepaya juga diklaim ampuh untuk meningkatkan jumlah trombosit di dalam tubuh.
Manfaat bunga pepaya yang satu ini memang belum memiliki bukti medis yang cukup. Konsultasikan kepada dokter Anda terlebih dahulu sebelum mengonsumsi bunga pepaya untuk menaikkan trombosit.

8. Mengobati Diabetes

Bagi Anda yang menderita penyakit diabetes, bunga pepaya bisa dijadikan alternatif guna menurunkan kadar gula darah Anda tersebut. Bunga pepaya memiliki khasiat untuk menurunkan insulin yang enjadi penyebab utama diabetes.

9. Mencegah Kanker

Siapa sangka, manfaat bunga pepaya ternyata juga bisa mencegah terjadinya kanker. Bunga pepaya dianggap mampu mencegah infeksi pada tubuh. Sebagaimana kita ketahui, infeksi lama kelamaan bisa menghasilkan sel kanker yang bisa mengancam jiwa.

10. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas memang menjadi momok bagi kita semua karena dari sinilah awal mula timbulnya berbagai macam penyakit. Mengonsumsi bunga pepaya diklaim ampuh untuk menangkal radikal bebas. Bunga pepaya mengandung zat antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

11. Menambah Nafsu Makan

Apakah Anda memiliki nafsu makan yang rendah? Hal ini bisa jadi pertanda ada yang tidak beres dengan kesehatan tubuh. Jika ya, segera konsumsi bunga pepaya untuk mengembalikan nafsu makan Anda tersebut. Buah pepaya bisa dikonsumsi sebagai teh maupun sayur.

12. Memperlancar Siklus Haid

Banyak kaum hawa (mungkin termasuk Anda salah satunya) yang kerap menghadapi siklus haid yang tidak lancar. Selain memeriksakan diri ke dokter, Anda juga bisa merasakan manfaat bunga pepaya yang satu ini. Ya, bunga pepaya dianggap mampu untuk memperlancar siklus datang bulan bagi para wanita.

13. Mengobati Infeksi Lambung

Manfaat bunga pepaya dalam mengatasi penyakit infeksi lambung memang harus diimbangi dengan sejumlah metode pengobatan lainnya, tak terkecuali soal pengaturan pola makan Anda. Kendati demikian, kadar antioksidan yang terdapat di dalam bunga pepaya memang tak bisa dipungkiri efektif mengobati lambung yang terinfeksi.

14. Mencegah Penyakit Jantung

Serangan jantung diakibatkan oleh aliran darah yang tidak lancar. Nah, salah satu manfaat bunga pepaya adalah melancarkan peredaran darah, sebagaimana telah dibahas sebelumnya. Hal ini secara tidak langsung turut menjadikan bunga pepaya baik untuk kesehatan jantung kita.

15. Mencegah Stroke

Tidak hanya penyakit jantung, manfaat bunga pepaya gantung untuk melancarkan peredaran darah juga berdampak pada penurunan resiko serangan stroke. Penyakit stroke adalah penyakit serius yang diakibatkan oleh tidak adanya aliran darah ke otak. Penyakit ini tentu saja berbahaya karena bisa menyebabkan kematian.(doktersehat.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.